Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadi Buruan, Logam Tanah Jarang Bisa Dipakai untuk Bikin Kendaraan Listrik hingga Peralatan Perang

Logam tanah jarang tengah disebut-sebut sebagai harta karun yang diburu oleh seisi dunia. Banyaknya kegunaan kandungan mineral paling langka di dunia itu membuat banyak negara memburu keberadaannya, termasuk juga Indonesia.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  14:13 WIB
Ilustrasi. Salah satu lokasi pertambangan. - Istimewa
Ilustrasi. Salah satu lokasi pertambangan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Logam tanah jarang tengah disebut-sebut sebagai harta karun yang diburu oleh seisi dunia. Banyaknya kegunaan kandungan mineral paling langka di dunia itu membuat banyak negara memburu keberadaannya, termasuk juga Indonesia.

Dalam jurnal Potensi Logam Tanah Jarang yang dirilis oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada 2019, logam tanah jarang memiliki banyak kegunaan untuk membuat berbagai peralatan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Logam tanah jarang bisa digunakan untuk membuat memori komputer, DVD, baterai isi ulang, telepon seluler, konverter katalis kendaraan bermotor, magnet, lampu fluoresen, dan masih banyak lagi.

Logam tanah jarang sangat diminati untuk digunakan sebagai bahan baterai telepon seluler, komputer, hingga kendaraan listrik, karena daya pakai yang lebih lama, mudah diisi ulang, serta mudah didaur ulang.

Di samping itu, penggunaan logam tanah jarang juga akan memicu berkembangnya material baru. Material baru dengan menggunakan logam tanah jarang memberikan perkembangan teknologi yang cukup signifikan dalam ilmu material.

Perkembangan material itu pun banyak diaplikasikan di dalam industri untuk meningkatkan kualitas produk.

Logam tanah jarang juga mampu menghasilkan neo magnet, yaitu magnet yang memiliki medan magnet yang lebih baik daripada magnet biasa, sehingga memungkinkan munculnya perkembangan teknologi berupa penurunan berat dan volume speaker yang ada saat ini, dan memungkinkan munculnya dinamo yang lebih kuat, sehingga mampu menggerakkan mobil.

Dengan adanya logam tanah jarang, maka memungkinkan munculnya mobil bertenaga listrik yang dapat digunakan untuk perjalanan jauh, sehingga mobil hybrid mulai marak dikembangkan.

Dalam pengembangan mobil hybrid, komoditas logam tanah jarang menjadi sangat strategis karena terdapat sejumlah kandungan yang merupakan bahan penting dalam pembuatan motor listrik dan generator mobil hybrid.

Di China, produksi logam tanah jarang yang besar mampu mendorong pertumbuhan teknologi industrinya hingga mendirikan industri elektronik nasional yang dapat bersaing dengan luar negeri.

Sementara itu, di Amerika Serikat logam tanah jarang digunakan untuk pertahanan, seperti mesin jet pesawat tempur dan pesawat terbang komersial, sistem senjata rudal, elektronik, pendeteksi bawah laut, pertahanan antirudal, alat pelacak, pembangkit energi pada satelit, serta alat komunikasi.

Secara global, pada 2008 tercatat penggunaan logam tanah jarang terbesar adalah untuk magnet, fosfor, dan paduan logam yang mencapai sekitar 82 persen dari nilai permintaan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mineral tanah jarang
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top