Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Terima 980 Pegawai CPNS, Anda Salah Satunya?

Kemenhub menerima sebanyak 980 pegawai CPNS dengan kompetensi teknis di bidang transportasi pada 2021.
Gedung Kementerian Perhubungan./Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menerima sebanyak 980 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan kompetensi teknis di bidang transportasi pada 2021 untuk ditempatkan di sejumlah unit kerja di lingkungan Kemenhub.

Selain itu, sebanyak 298 orang CPNS jalur pola pembibitan Tahun 2021 juga akan ditempatkan di sejumlah pemerintah daerah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sejalan dengan perkembangan transportasi di Indonesia yang cukup pesat, perlu diimbangi dengan ketersediaan SDM yang memiliki kompetensi di bidang transportasi. Hal ini untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dan aspek keselamatan transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian.

“Kami membutuhkan pegawai-pegawai dengan kompetensi teknis dari latar belakang pendidikan vokasi bidang perhubungan,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (20/1/2022).

Menhub menjelaskan, melalui pola pembibitan ini yang juga akan menempatkan para CPNS di sejumlah pemerintah daerah, diharapkan kualitas SDM bidang transportasi, dapat merata ke seluruh daerah.

“Saya berpesan kepada para CPNS agar bisa merespons perubahan dan disrupsi yang terjadi dengan cepat. Jadilah ASN yang memiliki daya juang,” tekannya.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Capt. Antoni Arif Priadi mengatakan, sejak tahun 2018 telah mengusulkan formasi pola pembibitan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sejumlah 24.028 orang.

Selama periode 4 tahun yaitu mulai 2018 sampai dengan 2021, Kemenhub melalui 21 Perguruan Tinggi dibawah BPSDM Perhubungan, telah melaksanakan Pola Pembibitan sejumlah 11.234 orang. “Masih terdapat kekurangan pemenuhan Kebutuhan Pola Pembibitan sejumlah 12.794 orang,” ujarnya.

Capt. Antoni mengungkapkan, para lulusan Pola Pembibitan merupakan Putra/I dengan talenta terbaik yang telah melewati berbagai tahapan mulai dari Seleksi Penerimaan Taruna (Sipencatar), menempuh pendidikan di Sekolah Kedinasan BPSDMP sesuai Program Studi yang dipilih sampai lulus dan siap ditempatkan untuk mengabdi dan memberikan pelayanan dengan integritas.

Dengan diterima SK CPNS ini maka para CPNS akan segera melaksanakan tugasnya baik di unit Kerja di lingkungan Kemenhub maupun di pemerintah daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan Dirjen Perkeretaapian Zulfikri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper