Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pfizer Tambah Pabrik di Prancis Produksi Antivirus Covid

Keputusan tersebut merupakan bagian dari strategi Pfizer untuk meningkatkan produksi global pil paxlovid yang disebut hampir 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien dengan risiko tinggi penyakit parah, menurut data uji klinis.
Obat Covid-19 buatan Pfizer, Paxlovid
Obat Covid-19 buatan Pfizer, Paxlovid

Bisnis.com, JAKARTA - Pfizer Inc., akan menambah fasilitas produksi obat antivirus Covid-19 di Prancis dengan nilai investasi mencapai 520 juta euro atau setara US$594 juta hingga 5 tahun ke depan.

Dilansir Channel News Asia, perusahaan pembuat vaksin Covid mengumumkan pada Senin bahwa keputusan tersebut merupakan bagian dari strategi Pfizer untuk meningkatkan produksi global pil paxlovid yang disebut hampir 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien dengan risiko tinggi penyakit parah, menurut data uji klinis.

Pabrik di Prancis akan memproduksi bahan aktif obat (API) paxlovid yang dioperasikan oleh Novasep, mitra Pfizer.

"Novasep akan memproduksi API untuk kegunaan jaringan manufaktur kami, diperkirakan akan berkontribusi pada produksi global hingga 120 juta program pengobatan pada 2022," kata perusahaan.

Saat ini, paxlovid telah mendapatkan izin penggunaan dari regulator obat AS sejak Desember dan tengah melakukan penilaian di Uni Eropa.

Lebih lanjut, seorang juru bicara perusaahaan mengatakan bahwa pabrik Novasep di barat daya Prancis, akan mulai memasok paxlovid ke rantai pasok global pada kuartal III/2022. Perluasan produksi akan dilakukan pada 2023.

Selain pabrik baru, produksi paxlovid juga akan dilakukan oleh fasilitas produksinya di Irlandia dan Italia.

Sebagian dari 520 juta euro juga akan digunakan untuk penelitian di Prancis, termasuk kemitraan dengan perusahaan bioteknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper