Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pfizer Tambah Pabrik di Prancis Produksi Antivirus Covid

Keputusan tersebut merupakan bagian dari strategi Pfizer untuk meningkatkan produksi global pil paxlovid yang disebut hampir 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien dengan risiko tinggi penyakit parah, menurut data uji klinis.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  09:44 WIB
Obat Covid/19 buatan Pfizer, Paxlovid
Obat Covid/19 buatan Pfizer, Paxlovid

Bisnis.com, JAKARTA - Pfizer Inc., akan menambah fasilitas produksi obat antivirus Covid-19 di Prancis dengan nilai investasi mencapai 520 juta euro atau setara US$594 juta hingga 5 tahun ke depan.

Dilansir Channel News Asia, perusahaan pembuat vaksin Covid mengumumkan pada Senin bahwa keputusan tersebut merupakan bagian dari strategi Pfizer untuk meningkatkan produksi global pil paxlovid yang disebut hampir 90 persen efektif dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien dengan risiko tinggi penyakit parah, menurut data uji klinis.

Pabrik di Prancis akan memproduksi bahan aktif obat (API) paxlovid yang dioperasikan oleh Novasep, mitra Pfizer.

"Novasep akan memproduksi API untuk kegunaan jaringan manufaktur kami, diperkirakan akan berkontribusi pada produksi global hingga 120 juta program pengobatan pada 2022," kata perusahaan.

Saat ini, paxlovid telah mendapatkan izin penggunaan dari regulator obat AS sejak Desember dan tengah melakukan penilaian di Uni Eropa.

Lebih lanjut, seorang juru bicara perusaahaan mengatakan bahwa pabrik Novasep di barat daya Prancis, akan mulai memasok paxlovid ke rantai pasok global pada kuartal III/2022. Perluasan produksi akan dilakukan pada 2023.

Selain pabrik baru, produksi paxlovid juga akan dilakukan oleh fasilitas produksinya di Irlandia dan Italia.

Sebagian dari 520 juta euro juga akan digunakan untuk penelitian di Prancis, termasuk kemitraan dengan perusahaan bioteknologi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pfizer Covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top