Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ikuti Tren Global, Panasonic Corp. Terapkan 4 Hari Kerja

Keputusan Panasonic selaras dengan kebijakan perusahan teknologi di seluruh dunia yang sedang mencoba untuk menarik talenta di tengah ketatnya bursa pekerjaan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  14:33 WIB
Ikuti Tren Global, Panasonic Corp. Terapkan 4 Hari Kerja
Logo Panasonic. - ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Panasonic Corp., mulai mengikuti tren global dengan menerapkan 4 hari kerja dalam sepekan untuk menerapkan keseimbangan kehidupan kerja.

Dilansir Bloomberg pada Senin (10/1/2022), Chief Executive Officer Panasonic Yuki Kusumi mengatakan karyawan dapat mengambil pekerjaan sampingan dan menghabiskan waktu untuk kegiatan sukarela pada hari libur ekstra mereka, dalam briefing investor minggu lalu.

"Tanggung jawab kami adalah untuk mencapai keseimbangan ideal antara budaya kerja dan gaya hidup untuk sumber daya manusia kami yang beragam,” kata Kusumi.

Konglomerat elektronik yang berbasis di Osaka ini juga akan mengizinkan karyawan bekerja dari rumah ketika pasangan mereka dipindahkan ke lokasi lain, katanya.

Keputusan Panasonic selaras dengan kebijakan perusahan teknologi di seluruh dunia yang sedang mencoba untuk menarik talenta di tengah ketatnya bursa pekerjaan.

Sementara itu, Amazon.com Inc., juga tengah menguji coba jam kerja 4 hari sepekan bagi karyawan pilihan pada 2018. Raksasa barang konsumen Unilever Plc., pada Desember 2020 memulai uji coba selama setahun bagi stafnya di Selandia Baru. Negara-negara seperti Irlandia dan Islandia juga melakukan hal serupa.

Di Jepang, sekelompok anggota parlemen sedang mendiskusikan proposal untuk memberikan karyawan hari libur tambahan, untuk melindungi kesejahteraan mereka.

Namun, jumlah perusahaan yang memberikan izin libur lebih dari 2 hari masih sangat minim, hanya sekitar 8 persen, menurut survei yang dilakukan pada 2020 oleh Kementerian Tenaga Kerja.

Produsen farmasi Shionogi & Co., yang sedang mengembangkan pengobatan oral Covid-19, akan memberikan opsi libur tiga hari per pekan mulai April, menurut laporan surat kabar Nikkei.

Yahoo Japan Corp., dan Sompo Himawari Life Insurance Inc., juga mengizinkan hari kerja 4 hari seminggu untuk staf yang merawat anak-anak atau kerabat yang sudah lanjut usia, Nikkei melaporkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang panasonic
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top