Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masih Ada Insentif, Colliers Indonesia Sebut Semester I/2022 Waktu yang Pas Beli Properti

Konsultan properti Colliers Indonesia menyebut semester I/2022 sebagai saat yang tepat bagi masyarakat membeli rumah tapak dan apartemen.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  12:59 WIB
Perumahan bersubsidi  -  Kementerian PUPR
Perumahan bersubsidi - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Konsultan properti Colliers Indonesia menyebut semester I/2022 sebagai saat yang tepat bagi masyarakat membeli rumah tapak dan apartemen.

Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan bahwa insentif Pajak Pertambahan Nilai ditanggung pemerintah (PPN DTP) yang diperpanjang hingga Juni 2022 menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki properti.

Pasalnya, pemerintah berencana menaikkan PPN menjadi 11 persen, sehingga akan berdampak kepada harga properti yang lebih tinggi di masa mendatang.

“Ini sebetulnya sudah cukup positif, dan kami lihat yang lebih positifnya lagi di aturan baru ini [insentif PPN DTP] bisa berlaku untuk rumah atau apartemen inden,” ujarnya dikutip dari Youtube Colliers Indonesia, Senin (10/1/2022).

Dia menuturkan, Bank Indonesia juga berencana menaikan suku bunga di akhir tahun ini, sehingga akan berdampak pada pergerakan harga properti ke depan.

“Bank Indonesia sudah berencana menaikan suku bunga di akhir tahun, dan itu siap-siap mungkin pembeli harus mengeluarkan uang lebih,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, dalam waktu 6 bulan ke depan menjadi saat yang tepat untuk membeli properti. Sebab, kemungkinan harga properti akan naik seiring dengan kenaikan PPN menjadi 11 persen.

Selain itu, banyak pengembang yang berencana menaikkan harga jual produknya, sehingga pembeli harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli unit.

“Pembeli berpacu dengan waktu. Kalau berinvestasi di apartemen, inilah saatnya karena setelah itu dengan berlaku PPN 11 persen kemungkinan harganya akan lebih tinggi,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti colliers
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top