Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumen Bertambah, PGN (PGAS) Salurkan 145,7 BBtud Gas di Jawa Tengah dan Timur

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) atau PGN telah menyalurkan 145,7 BBtud gas bumi untuk wilayah Jawa bagian timur dan tengah. Jumlah itu disebut meningkat seiring dengan penambahan pelanggan baru di sektor industri.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  08:08 WIB
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk sedang memeriksa operasional jaringan gas rumah tangga. Istimewa - PGN
Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk sedang memeriksa operasional jaringan gas rumah tangga. Istimewa - PGN

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) atau PGN telah menyalurkan 145,7 BBtud gas bumi untuk wilayah Jawa bagian timur dan tengah. Jumlah itu disebut meningkat seiring dengan penambahan pelanggan baru di sektor industri.

General Manager Sales Operation Region 3 (SOR 3) PGN Iwan Yuli Widyastanto menjelaskan bahwa pihaknya menyalurkan gas bumi ke 101.638 pelanggan rumah tangga, 352 pelanggan kecil, dan 560 pelanggan komersial industri, dan 2 pelanggan korporasi.

Sepanjang 2021, kata dia, ada tambahan 17 pelanggan komersial dan industri baru yang beroperasi di bidang perhotelan, kertas, chemical, restoran, mal, dan fabricated metal.

Selain itu, ada juga tambahan 37 Pelanggan Kecil yang rata-rata bergerak di bidang usaha laundry, katering, warung atau depot, kue rumahan, dan rumah sakit. Pelanggan-pelanggan baru tersebut tersebar di Semarang, Surabaya, Pasuruan, dan Bojonegoro.

Dia menjelaskan, penugasan dari pemerintah maupun inisiasi untuk memperluas jargas rumah tangga terus dijalankan perusahaan. Pada Januari–Desember 2021, pembangunan jaringan gas (jargas) di SOR 3 telah terpasang 71.799 sambungan rumah tangga (SR).

“Untuk gas in atau penyaluran perdana ke pelanggan rumah tangga di SOR 3 pada 2021 tercapai sebanyak 28.455 sambungan rumah,” ujar General Manager SOR 3, Iwan Yuli Widyastanto, (9/1/2022).

Dari Sisi pengembangan dan pengelolaan infrastruktur gas bumi, SOR 3 telah mengintegrasikan seluruh anak perusahaan maupun afiliasi, sehingga perluasan jangkauan pelanggan akan lebih fleksibel dan efektif.

Subholding Gas di SOR 3 saat ini memiliki aset Pipa Transmisi Kalija 1 sepanjang sekitar 200 kilometer yang membawa gas bumi dari Lapangan Kepodang di lepas pantai utara Semarang, Pipa Transmisi Gresik–Semarang sepanjang 275 kilometer dengan kapasitas desain pipa sebesar 330 MMSCFD, ORF Tambak Rejo, Jumperline Tambak Lorok, dan Mother Station CNG di Blora.

Di Jawa Timur juga terdapat stasiun pengatur dan pembagi tekanan gas bumi, serta MRS Jargas yang tersebar di Sidoarjo, Pasuruan, Mojokerto, Surabaya, Probolinggo, dan Gresik. Melalui Pertagas, Subholding Gas Pertamina itu juga memiliki stasiun ORF dan stasiun metering Sidoarjo dan Stasiun GRE di Gresik.

Selain itu, terdapat SPBG Ngagel di Surabaya, SPBG Kaligawe Semarang, dan Mobile Refueling Unit (MRU) CNG di Gresik untuk menyalurkan Bahan Bakar Gas (BBG).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PGN jaringan gas
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top