Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perusahaan Gas Negara (PGAS) Sasar Pasar CNG untuk Sektor Industri dan Komersial

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. atau PGN menyasar pasar compressed natural gas (CNG) untuk pelanggan sektor industri dan komersial.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 Desember 2021  |  13:48 WIB
Gaslink C-Cyl tabung PT PGN Tbk., Jakarta (14/12/2021). - Muhammad Ridwan
Gaslink C-Cyl tabung PT PGN Tbk., Jakarta (14/12/2021). - Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk. atau PGN menyasar pasar compressed natural gas (CNG) untuk pelanggan sektor industri dan komersial.

Direktur Sales dan Operasi PGN Faris Aziz mengatakan bahwa pihaknya mendorong produk Gaslink C-cyl untuk menyasar pelanggan industri dan komersial.

Produk itu, kata dia, akan dioptimalkan emiten berkode PGAS itu untuk mengisi pasar yang masih belum terjangkau oleh gas pipa, baik untuk sektor industri maupun komersial, termasuk UMKM.

“Untuk itu, kami menyediakan Gaslink dan Gaslink C-cyl yang dioperasikan oleh Gagas [Gagas Energi Indonesia],” ujarnya di Jakarta, Selasa (14/12/2021).

Adapun, per November 2021, Gagas Energi Indonesia telah menyalurkan sekitar 4,84 billion british thermal unit per day (BBTUD) kepada 161 pelanggan Gaslink.

Untuk skema penyaluran Gaslink regular, Gagas akan menyalurkan gas bumi melalui gas transport module (GTM) yang membawa gas bumi dari stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) langsung ke lokasi pelanggan.

Dia menjelaskan bahwa selain berbentuk tabung, ada juga Gaslink C-cyl berbentuk kotak dengan kapasitas lebih besar, sekitar 50 meter kubik (m3).

“Ke depan, Gaslink C-cyl direncanakan akan memperluas jangkauannya ke beberapa kota, seperti Semarang, Cilegon dan Batam,” imbuhnya.

Direktur Utama Gagas Energi Indonesia Muhammad Hardiansyah mengatakan bahwa melemahnya konsumsi gas selama pandemi membuka peluang untuk menyasar pasar CNG untuk sektor UMKM.

Di samping itu, kata dia, meningkatnya harga LPG membuat peluang untuk produk CNG sebagai alternatif bahan bakar yang lebih ekonomis.

“Dari kondisi ini, makanya ada GasLink C-cyl, sebagai CNG tabung,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PGN cng
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top