Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Upayakan Kendaraan Listrik Bisa Dijangkau Masyarakat Kelas Menengah ke Bawah

PT PLN (Persero) menargetkan produksi kendaraan listrik dalam negeri dapat dijangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.
SPKLU PLN. /Kementerian BUMN
SPKLU PLN. /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) menargetkan produksi kendaraan listrik dalam negeri dapat dijangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan bahwa masifnya kendaraan listrik berharga miring akan mempercepat proses transisi dari kendaraan konvensional kepada kendaraan berbasis baterai.

Perseroan, kata Bob, telah menjalin kerja sama dengan tiga produsen kendaraan, yakni Hyundai, Nissan dan Wuling. Dari kemitraan itu, pemerintah yang diwakili PLN dan pabrikan bakal mencari terobosan bersama untuk menjangkau masyarakat luas.

“Konsentrasi utama tentu saja bagaimana kendaraan listrik ini menjadi terjangkau oleh masyarakat pada level menengah ke bawah,” katanya saat webinar Misi Tekan Emisi Melalui Kendaraan Listrik-Insentif untuk Konsumen dalam Kebijakan Kendaraan Listrik, Senin (13/12/2021).

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa salah satu negara produsen kendaraan listrik, yakni China mampu memproduksi secara massal kendaraan dengan harga sangat murah.

Sementara itu di dalam negeri, Bob menyebut, para pabrikan kendaraan listrik memerlukan sejumlah insentif tambahan selain yang telah diberikan pemerintah. Insentif tersebut diyakini dapat mempercepat keberadaan ekosistem kendaraan berbasis baterai.

PLN juga menggencarkan kerja sama dengan sejumlah pihak swasta. Selain bersama pabrikan, perusahaan setrum itu pun turut menjalin kemitraan dengan produsen stasiun pengisian bagi kendaraan listrik baik roda dua maupun empat.

Perseroan turut menjalin kerja sama dengan pabrikan stasiun pengisian daya. PLN sejatinya telah menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kolaborasi itu untuk mengintensifkan penyebaran charging station kendaraan listrik.

Hal itu juga didukung dengan kolaborasi dengan para pemilik mal, apartemen, perumahan, rumah susun, maupun pusat perbelanjaan. Tidak lupa, PLN menjalin kemitraan dengan perbankan hingga perusahaan transportasi online.

Kerja sama bisnis tersebut dilakukan untuk memperluas jangkauan stasiun pengisian bagi kendaraan listrik. Langkah tersebut menjadi salah satu strategi memperluas jangkauan kendaraan listrik.

“Kami juga sudah bekerja sama dengan battery swapping. Kami telah bekerja sama dengan beberapa tempat, termasuk para pabrikan. Harapannya, untuk roda dua sudah bisa dengan cepat menukar beberapa baterai [sepeda motor] mereka,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper