Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Mau Bentuk Sistem Penentuan Harga Tanah

Sistem penentuan harga tanah dinilai penting untuk mengantisipasi kenaikan harga tanah yang tidak sesuai mekanis pasar.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 10 Desember 2021  |  13:17 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tengah berupaya dalam membentuk sistem penentuan harga tanah.

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil mengatakan harga tanah menjadi hal yang semakin penting akhir-akhir ini dan juga di masa depan karena pemerintah dalam hal ini, sangat serius untuk memajukan infrastruktur terkait jalan tol, bandara, dan keperluan lainnya.

"Untuk itu, di masa depan perlu dilakukan rekonstruksi penggunaan tanah, terutama untuk mengantisipasi perubahan iklim yang terjadi," ujarnya dikutip dari Laman Kementerian ATR/BPN, Jumat (10/12/2021).

Sofyan tak memungkiri dalam menetapkan harga tanah masih terkendala, salah satunya mencari mekanisme untuk menentukan harga tanah yang adil.

Menurutnya, apabila diperlukan adanya penentuan harga tanah secara umum sehingga di Indonesia diharapkan memiliki sistem yang beroperasi secara nasional.

"Bantuan teknis dari Bank Dunia diharapkan juga dapat mewujudkan nilai tanah yang berkeadilan dan meminimalkan spekulasi dari para spekulan yang bisa membuat kenaikan harga tanah tidak sesuai dengan mekanisme pasar," tuturnya.

Practice Manager/Urban, Land and Disaster Risk Management World Bank Ming Zhang menuturkan jika Kementerian ATR/BPN telah menjadi mitra penting Bank Dunia dalam mendukung program keduanya (Kementerian ATR/BPN dan Bank Dunia).

Bank Dunia akan memberikan dukungan teknis berupa masukan dan mendukung Kementerian ATR/BPN terkait dengan perencanaan tata ruang.

"Untuk di Indonesia, Bank Dunia akan mengadakan proyek percontohan dalam menguji sistem penilaian harga digital. Tujuannya, nanti agar sistem ini dapat diintegrasikan dengan sistem penentuan harga bangunan. Bank Dunia juga membantu pemerintah dalam mengembangkan sistem penentuan harga properti atau tanah serta mendukung administrasi perpajakan," terangnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti pertanahan harga tanah kementerian atr/bpn
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top