Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Temukan 20 Juta Barel Cadangan Minyak Baru di Kepulauan Seribu

PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra, menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Lapangan Krisna yang terletak di sekitar wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 30 November 2021  |  13:12 WIB
Pertamina Temukan 20 Juta Barel Cadangan Minyak Baru di Kepulauan Seribu
Ilustrasi anjungan migas. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BALI – PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra, menemukan cadangan minyak dan gas bumi di Lapangan Krisna yang terletak di sekitar wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip menyampaikan bahwa pihaknya sedang melakukan penghitungan data dari hasil temuan tersebut guna pembangunan fasilitas existing.

“Kami sedang lakukan naturasinya dan kami kembangkan. Jadi bisa tight in ke existing facility,” katanya dalam acara The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2021 (IOG 2021), Bali, Selasa (30/11/2021).

Menurutnya, penemuan cadangan baru minyak bumi hasil dari kegiatan eksplorasi permukaan yang ada di Blok OSES akan menambah jumlah cadangan minyak Pertamina.

Sumur minyak di Lapangan Krisna itu diperkirakan mampu menghasilkan 2.000 barel minyak per hari (barrel oil per day/BOPD), dan memiliki cadangan sebesar 20 juta barel.

Budiman berharap ladang baru minyak tersebut bisa mendukung target produksi nasional 1 juta barel minyak dan 12 miliar standar kaki kubik per hari pada 2030.

Sebelumnya, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) berhasil menyelesaikan pengeboran Sumur Eksplorasi Fanny-2 dengan status sebagai sumur penemu minyak dan gas bumi (oil and gas discovery).

Direktur Eksplorasi Subholding Upstream Pertamina Medi Kurniawan menjelaskan, lokasi Sumur Fanny-2 berada di Distrik Central Business Unit (CBU) Blok OSES, tepatnya berada di area Komplek Eksplorasi Angel Cluster yang berjarak sekitar 2 kilometer sebelah barat dari Pulau Sebira Kepulauan Seribu, dan masuk dalam Wilayah Administratif Kabupaten Kepulauan Seribu.

Secara khusus, Angel Cluster itu merupakan area prioritas eksplorasi, di mana pada area itu terdapat beberapa struktur temuan minyak dan gas yang masih membutuhkan data tambahan untuk pengembangan lapangan.

“Penemuan minyak dan gas dari sumur Fanny-2 adalah bukti bahwa ide baru, semangat baru dalam mengerjakan lapangan tua [brownfield], seperti blok OSES, memberikan hasil yang positif," ujar Medi dalam keterangan resminya, Selasa (17/8/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina cadangan migas
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top