Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub Minta Pelaku Usaha Dukung Transportasi Udara di Wilayah Perbatasan dan 3T

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mendukung dan mewujudkan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menciptakan konektivitas transportasi di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 18 November 2021  |  13:53 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mendukung dan mewujudkan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menciptakan konektivitas transportasi di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Menurut Budi, Indonesia yang merupakan negara kepulauan membutuhkan konektivitas, yang salah satunya diberikan oleh industri penerbangan. Pasalnya, jutaan orang yang berada di kawasan tersebut sangat bergantung pada distribusi logistik dan pergerakan penduduk untuk memutar roda ekonomi.

“Untuk itu saya berharap peran dan dukungan INACA untuk men-support transportasi yang ada di 3TP. Di Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan lainnya. Ini harus kita lakukan dengan seksama dan detail,” kata Menhub saat memberikan sambutan dalam Rapat Umum Anggota (RUA) INACA 2021, Kamis (18/11/2021).

Budi berharap, rapat tersebut dapat memberikan kontribusi positif ke depannya. INACA dapat meningkatkan komunikasi publik yang lebih baik kepada lingkungan industri penerbangan maupun masyarakat luas.

Menhub mengakui bahwa situasi pandemi Covid-19 menjadi pukulan terberat bagi industri penerbangan. Namun begitu, Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa mengatasi dampak pandemi dan pulih dengan cepat.

“Oleh karena itu, pemulihan industri penerbangan yang amat terjamin, serta berkelanjutan menjadi urgensi dan prioritas kita semua. Untuk menjaga tujuan itu, maka dibutuhkan kerja sama dan koordinasi yang erat antara kami dan stakeholder penerbangan, serta semua pemangku kebijakan dan penyelenggara kesehatan nasional,” imbuh Budi.

Lebih lanjut, Budi menuturkan, sektor transportasi udara memegang peranan penting dalam menjangkau wilayah 3TP saat ini. Hal itu diperlukan untuk menghubungkan seluruh pulau di Indonesia dan mengantisipasi kesenjangan harga kebutuhan masyarakat.

Sebagai regulator, dia memastikan bahwa Kementerian Perhubungan akan terus memberikan dukungan yang terbaik guna mewujudkan konektivitas tersebut.

“Saya harap seluruh anggota INACA dapat mendukung visi misi Presiden yang ingin konektivitas itu terjaga dengan baik untuk mewujudkan penyelenggaraan transportasi negara yang andal, berdaya saing, dengan tetap memprioritaskan unsur keselamatan dan keamanan penerbangan, serta tetap menjamin penerbangan yang sehat dengan pelaksanaan protokol kesehatan,” tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub transportasi udara inaca
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top