Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Minta Pelaku Usaha Dukung Transportasi Udara di Wilayah Perbatasan dan 3T

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mendukung dan mewujudkan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menciptakan konektivitas transportasi di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019)./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mendukung dan mewujudkan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menciptakan konektivitas transportasi di wilayah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Menurut Budi, Indonesia yang merupakan negara kepulauan membutuhkan konektivitas, yang salah satunya diberikan oleh industri penerbangan. Pasalnya, jutaan orang yang berada di kawasan tersebut sangat bergantung pada distribusi logistik dan pergerakan penduduk untuk memutar roda ekonomi.

“Untuk itu saya berharap peran dan dukungan INACA untuk men-support transportasi yang ada di 3TP. Di Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan lainnya. Ini harus kita lakukan dengan seksama dan detail,” kata Menhub saat memberikan sambutan dalam Rapat Umum Anggota (RUA) INACA 2021, Kamis (18/11/2021).

Budi berharap, rapat tersebut dapat memberikan kontribusi positif ke depannya. INACA dapat meningkatkan komunikasi publik yang lebih baik kepada lingkungan industri penerbangan maupun masyarakat luas.

Menhub mengakui bahwa situasi pandemi Covid-19 menjadi pukulan terberat bagi industri penerbangan. Namun begitu, Indonesia menjadi salah satu negara yang bisa mengatasi dampak pandemi dan pulih dengan cepat.

“Oleh karena itu, pemulihan industri penerbangan yang amat terjamin, serta berkelanjutan menjadi urgensi dan prioritas kita semua. Untuk menjaga tujuan itu, maka dibutuhkan kerja sama dan koordinasi yang erat antara kami dan stakeholder penerbangan, serta semua pemangku kebijakan dan penyelenggara kesehatan nasional,” imbuh Budi.

Lebih lanjut, Budi menuturkan, sektor transportasi udara memegang peranan penting dalam menjangkau wilayah 3TP saat ini. Hal itu diperlukan untuk menghubungkan seluruh pulau di Indonesia dan mengantisipasi kesenjangan harga kebutuhan masyarakat.

Sebagai regulator, dia memastikan bahwa Kementerian Perhubungan akan terus memberikan dukungan yang terbaik guna mewujudkan konektivitas tersebut.

“Saya harap seluruh anggota INACA dapat mendukung visi misi Presiden yang ingin konektivitas itu terjaga dengan baik untuk mewujudkan penyelenggaraan transportasi negara yang andal, berdaya saing, dengan tetap memprioritaskan unsur keselamatan dan keamanan penerbangan, serta tetap menjamin penerbangan yang sehat dengan pelaksanaan protokol kesehatan,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper