Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Pemenang sayembara desain atap Onduline Green Roof Award 2021

Desain atap Ret Roof it ‘Retrofitting Building with Rooftop Farming’, karya Alfian Reza Almadji dari Yogyakarta berhasil memenangi juara pertama sayembara desain atap Onduline Green Roof Award (OGRA) 2021.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 16 November 2021  |  13:27 WIB
Desain atap pemenang Onduline Green Roof Award 2021. - Istimewa
Desain atap pemenang Onduline Green Roof Award 2021. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Desain atap Ret Roof it ‘Retrofitting Building with Rooftop Farming’, karya Alfian Reza Almadji dari Yogyakarta berhasil memenangi juara pertama sayembara desain atap Onduline Green Roof Award (OGRA) 2021.

Sayembara tersebut digelar oleh Onduline Indonesia dan merupakan penyelenggaraan kelima kalinya. Tujuannya masih sama, yakni mencari gagasan proyek unggulan, kreatif, dan inovatif dari berbagai kalangan.

Tahun ini, sayembara OGRA mengangkat tema Tropical Roof with Ecological Clean Energy & Passive Design.

Para peserta ditantang mendesain atap bangunan yang mampu mengatasi polusi udara dan mengurangi beban biaya energi.

Marketing Communications Manager PT Onduline Indonesia Reissa Siregar mengatakan, peserta sayembara OGRA tidak dipungut biaya sama sekali dan tidak mewajibkan peserta harus menggunakan produk Onduline dalam merancang dan mempresentasikan desainnya.

“Kami menyerahkan ide-ide baru yang out of the box sepenuhnya kepada peserta, semata-mata untuk mendapatkan karya arsitektur yang clean dan alami, sebagai bagian dari respons peserta terhadap iklim, cahaya, pemakaian energi pada kebutuhan rumah sehat dan hemat di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (16/11/2021).

Dia menuturkan, yang menjadi catatan dari Sayembara OGRA 2021 kali ini adalah riuh antusiasme para peserta dalam mendaftarkan karyanya, karena tercatat ada sebanyak 147 karya desain yang diterima oleh penyelenggara.

“Kami bersyukur, berdasarkan data yang masuk ada kenaikan jumlah karya yang diterima dari peserta perorangan maupun atas nama firma, dibandingkan dengan tahun lalu. Ini menandakan kompetisi semacam ini sangat dinantikan oleh banyak professional di bidang arsitektur dan turunannya,” ujarnya.

Kompetisi OGRA 2021 sendiri melibatkan dewan juri yang diketuai oleh Chairperson Green Building Council Indonesia Naning Adiwoso, didampingi oleh Principal Architect Ivan Priatman Architecture Ivan Priatman, serta Reissa sebagai perwakilan dari Onduline.

Penjurian dilakukan secara transparan dalam beberapa tahap selama bulan September 2021. Pada penjurian tahap akhir, dipilih Top 25 finalis, lalu mengerucut jadi 10 besar, dan kemudian diputuskan juara pertama, dua, dan tiga, serta dua pemenang harapan.

Para pemenang berhak atas hadiah berupa uang tunai senilai total Rp125 juta, serta sertifikat dan trofi eksklusif OGRA 2021.

Alfian Reza Almadji dari Kota Yogyakarta akhirnya keluar sebagai juara pertama dengan karya bertajuk Ret Roof It “Retrofitting Building with Rooftop Farming”.

Konsepnya memanfaatkan struktur existing dengan menambahkan fungsi dan desain atap yang menunjang kegiatan pada bangunan mangkrak di area Welcome to Batam (WTB).

WTB merupakan area terbuka yang menjadi tempat favorit masyarakat untuk berkumpul, berolahraga, maupun sekadar berfoto.

Namun, karena kondisi gersang dan panas, area itu hanya ramai di pagi dan malam hari sebagai pasar malam dengan aneka jajan dan hiburan. Padahal, di tengah area WTB terdapat bangunan mangkrak yang potensial sebagai fasilitas pendukung.

Alfian kemudian mengaplikasikan desain atap pada bangunan mangkrak tersebut. Beberapa prinsip berkelanjutan coba ia aplikasikan untuk mendukung fungsi urban farming dan food market di lantai dasar.

Hal tersebut menghasilkan sebuah desain atap dengan planter box berundak, dan kanopi di bagian tengah sebagai peneduh yang dapat menampung air dan energi matahari.

Sementara itu, lantai 2 difungsikan sebagai ruang utilitas yang dilengkapi water treatment sebagai tempat menampung dan mengolah air hujan dari atap, serta mendistribusikannya kembali untuk irigasi tanaman dan toilet.

Berikut para pemenang Onduline Green Roof Award 2021:

  1.       Juara I: Ret Roof itRetrofitting Building with Rooftop Farming”, oleh Alfian Reza Almadji, Yogyakarta.
  2.       Juara II: A Building Is a Machine for Living In, oleh Irfan Diansya, Bandung, Jawa Barat.
  3.       Juara III: Man Made Trees, oleh Tobias Kea Suksmalana, DI Yogyakarta.
  4.       Juara Harapan I: Bioclimatic Hanging Garden, oleh Muhammad Reza Rasyid. IALI, Bandung, Jawa Barat.
  5.       Juara Harapan II: United CO - Space: CO Living & Working Space, oleh Theo Shanto Bayu Aji, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kompetisi green building
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top