Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ahok Serahkan Investigasi Kebakaran di Kilang Cilacap ke Pihak Berwajib

Setelah kebakaran di tangki penyimpanan Pertalite di Refinery Unit IV Cilacap, PT Pertamina (Persero) kini tengah melakukan investigasi terkait dengan penyebab pasti kejadian tersebut. Perusahaan pelat merah itu akan menyerahkan proses investigasi yang melibatkan pihak berwajib.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 15 November 2021  |  14:39 WIB
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama. - Istimewa
Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah kebakaran di tangki penyimpanan Pertalite di Refinery Unit IV Cilacap, PT Pertamina (Persero) kini tengah melakukan investigasi terkait dengan penyebab pasti kejadian tersebut. Perusahaan pelat merah itu akan menyerahkan proses investigasi yang melibatkan pihak berwajib.

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, laporan awal yang diterima terkait dengan penyebab kebakaran disebabkan oleh sambaran petir pada fasilitas tangki 36 T102 yang saat itu menyimpan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.

“Kami minta Bareskrim saja yang periksa,” katanya kepada Bisnis, Senin (15/11/2021).

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, pihaknya dalam proses untuk investigasi setelah kebakaran berhasil ditangani pada Minggu 14 November 2021.

“Saat ini sedang dalam proses utk investigasi, untuk kapannya belum bisa diinfokan, selanjutnya dilaksanakan setelah tim terbentuk,” katanya kepada Bisnis, Senin (15/11/2021).

Sebelumnya, Direktur Utama Refining & Petrochemical Subholding Pertamina Djoko Priyono mengatakan, api di tangki penyimpanan BBM kilang Cilacap telah berhasil dijinakkan Minggu pagi pada pukul 07.45 WIB. Kondisi kemudian telah dinyatakan aman pada hari yang sama pukul 09.15 WIB.

Api berhasil dijinakkan setelah tim penanganan melakukan penyekatan pada tangki yang terbakar. Tangki yang terbakar tersebut juga telah dilakukan pendinginan untuk memastikan api tidak kembali menyambar.

“Saat ini sudah padam secara total jam 07.45 WIB. Declare aman pada 09.15 WIB,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina ahok kebakaran Kilang Cilacap
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top