Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Crown Group Rilis Platform Digital Jual Beli Properti di Indonesia

CEO dan pendiri Crown Group, sekaligus anggota dari Dewan Diaspora Indonesia Global Iwan Sunito, meluncurkan platform digital SharedListing sebagai bentuk kolaborasi dan rujukan agen properti di Indonesia. Iwan Sunito melakukan program itu melalui One Global Capital Future Fund (OGCFF) miliknya.
Pendiri Crown Group Iwan Sunito./Istimewa
Pendiri Crown Group Iwan Sunito./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – CEO dan pendiri Crown Group, sekaligus anggota dari Dewan Diaspora Indonesia Global Iwan Sunito, meluncurkan platform digital SharedListing sebagai bentuk kolaborasi dan rujukan agen properti di Indonesia. Iwan Sunito melakukan program itu melalui One Global Capital Future Fund (OGCFF) miliknya.

Menurut Iwan, platform SharedListing akan membawa inovasi nyata ke sektor properti Indonesia, seiring dengan meluasnya jaringan SharedListing ke pasar properti global utama lainnya.

“Saya pikir juga akan membantu membuka pasar properti Indonesia bagi investor asing untuk properti Indonesia. Ini adalah hal-hal yang membuat saya bersemangat,” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (9/11/2021).

Juru Bicara OGCFF Tyas Sudaryomo menuturkan, kolaborasi dan rujukan di antara agen properti adalah gambaran besar dari cara properti dibeli dan dijual di Indonesia.

“SharedListing membawa kolaborasi dan rujukan agen ke tingkat berikutnya, di mana agen properti di seluruh Indonesia dapat terhubung, membagikan daftar listing mereka, dan mengundang agen lain untuk merujuk pembeli dengan memberikan biaya rujukan,” katanya. 

Menurutnya, Covid-19 telah menciptakan tantangan tambahan bagi para agen properti, karena sulit untuk bertemu dengan vendor dan calon pembeli. Agen penjual properti dan pengembang juga sulit untuk melayani kegiatan open house.

“Untuk membantu mengatasi tantangan tersebut, SharedListing dapat berkontribusi pada proses pemulihan sektor properti di Indonesia pascapandemi Covid-19,” ucapnya.

Co-Founder SharedListing Howard Barkhan menuturkan, penelitian yang dilakukan timnya menunjukkan selama ini agen-agen Indonesia berusaha mencari solusi teknologi untuk berkolaborasi.

Kebanyakan para agen berkomunikasi melalui surel, SMS, Obrolan WhatsApp, dan kemungkinan CRM agensi yang semuanya memiliki keterbatasan.

SharedListing dibuat secara khusus untuk tujuan kolaborasi dan rujukan agen, di mana keberadaannya adalah sebagai aplikasi untuk agen di lapangan.

Rujukan pun dilakukan melalui portal berbasis web yang ditargetkan untuk digunakan oleh administrator yang bekerja dari kantor pusat.

Dari perspektif agen, daftar dapat dibuat dan dibagikan di platform dalam beberapa menit dari ponsel mereka, termasuk dengan gambar yang diambil di kamera ponsel.

“Ini berarti Anda bisa mendapatkan daftar properti ke ribuan agen, mewakili lebih banyak lagi ribuan pembeli, dalam beberapa menit setelah mendapatkan daftar listing. Agen bahkan dapat membuat perjanjian rujukan melalui ponsel mereka,” kata Howard.

Sebelum diluncurkan ke publik pada November 2021, SharedListing telah melakukan proses keterlibatan dengan banyak agen properti utama Indonesia, termasuk RE/MAX Indonesia, Harcourts Indonesia, waralaba utama Ray White, seperti Ray White Pakuwon Indah, Ray White HR Muhammad, dan ERA Crown.

“Mengingat fleksibilitas yang ditawarkan oleh platform, seperti properti dapat dibagikan hanya dengan agen antarsesama agensi, waralaba, atau kantor tertentu, sejumlah grup besar melihat SharedListing berfungsi sebagai alat kolaborasi internal yang penting,” tuturnya.

Saat ini, aplikasi SharedListing untuk residensial dan komersial tersedia untuk diunduh secara gratis dari Google Play Store, Apple App Store, dan Galeri Huawei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper