Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Dapat Harga Batu Bara Khusus, Daya Saing Industri Semen Diharap Tak Turun

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan bahwa penetapan harga batu bara khusus untuk industri semen dan pupuk sebesar US$90 per metrik ton bertujuan untuk mempertahankan daya saing sektor tersebut agar tak turun.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 08 November 2021  |  17:30 WIB
Dapat Harga Batu Bara Khusus, Daya Saing Industri Semen Diharap Tak Turun
Ilustrasi. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan bahwa penetapan harga batu bara khusus untuk industri semen dan pupuk sebesar US$90 per metrik ton bertujuan untuk mempertahankan daya saing sektor tersebut agar tak turun.

Hal itu terutama bagi industri semen yang sangat bergantung pada keterjangkauan dan ketersediaan pasokan batu bara.

“Penetapan harga batu bara khusus untuk industri semen sebagai batas maksimal agar daya saing industri semen tidak semakin menurun dengan terus meningkatnya harga batu bara,” kata Direktur Industri Semen, Keramik, dan Pengolahan Bahan Galian Non Logam Kemenperin Ignatius Warsito kepada Bisnis, Senin (8/11/2021).

Dia melanjutkan, penetapan harga tersebut sebagai upaya pemerintah untuk melindungi industri strategis yang produknya termasuk barang penting, terutama pada masa harga batu bara melonjak tinggi melebihi batas kemampuan pelaku usaha.

Selain itu, penetapan harga tersebut diharapkan juga dapat memberikan kepastian bagi industri agar dapat bertahan dan tidak sampai berhenti produksi.

Sementara itu, Warsito mengatakan target produksi semen nasional pada tahun ini sebesar 70 juta ton. Menurut catatan Bisnis, angka tersebut turun dari produksi yang dilaporkan Asosiasi Semen Indonesia (ASI) pada tahun lalu sebesar 71,8 juta ton.

Adapun, hingga September 2021, angka penjualan atau konsumsi semen di dalam negeri dan ekspor telah mencapai 48,2 juta ton.

Selain semen, industri pupuk juga mendapat harga batu bara khusus US$90 per metrik ton. Namun demikian, karena penggunaan batu bara yang rendah di industri pupuk, penetapan harga ini ditengarai tak akan berdampak banyak pada penurunan harga pokok produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenperin harga batu bara industri semen
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top