Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Rilis BPS, Bank Permata Proyeksi Inflasi Oktober 2021 Sebesar 0,1 Persen

Inflasi Oktober 2021 didorong oleh inflasi inti yang mulai meningkat, diikuti oleh kenaikan beberapa harga bahan pangan.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 01 November 2021  |  09:54 WIB
Pedagang menata sayuran yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). -  ANTARA / Sigid Kurniawan
Pedagang menata sayuran yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020). - ANTARA / Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Permata Tbk. (BNLI) memproyeksikan inflasi pada Oktober 2021 sebesar 0,1 persen secara bulanan. Catatan itu meningkat dibandingkan inflasi pada bulan lalu.

Kepala ekonom Bank Permata Josua Pardede menjelaskan bahwa pihaknya memproyeksikan terjadi inflasi secara bulanan pada Oktober 2021 meskipun sebesar 0,1 persen (month-to-month/MtM). Berbeda dengan September 2021 saat terjadi deflasi 0,04 persen (MtM).

Josua pun memproyeksikan bahwa pada Oktober 2021 akan terjadi inflasi 1,64 persen secara tahunan (year-on-year/YoY). Menurutnya, proyeksi itu berdasarkan kepada naiknya harga sejumlah bahan pangan.

"Inflasi [Oktober 2021] didorong oleh inflasi inti yang mulai meningkat, diikuti oleh kenaikan beberapa harga bahan pangan. Berbeda dengan bulan September 2021, di mana sebagian besar bahan pangan tercatat mengalami penurunan, bahan pangan pada Oktober 2021 cenderung mengalami kenaikan," ujar Josua kepada Bisnis pada akhir pekan lalu.

Dia menjabarkan bahwa beberapa harga bahan pokok seperti cabai merah naik 18,5 persen (MtM), cabai rawit naik 5,6 persen (MtM), dan daging ayam naik 2,6 persen (MtM). Kenaikan itu menurutnya akan mendorong peningkatan inflasi inti pada Oktober 2021.

"Sejalan dengan peningkatan konsumsi masyarakat, kami proyeksikan inflasi inti mengalami peningkatan menjadi 1,40 persen [YoY], dan berkontribusi utama dalam mendorong inflasi umum pada Oktober 2021," ujar Josua.

Adapun, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) atau inflasi Oktober 2021 pada pukul 11.00 WIB hari ini, Senin (1/11/2021).

Selain itu, BPS juga akan mengumumkan perkembangan Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Oktober 2021, Nilai Tukar Petani (NTP) dan harga produsen gabah Oktober 2021, serta perkembangan pariwisata dan transportasi nasional September 2021.

Angka-angka tersebut akan dirilis langsung oleh Kepala BPS Margo Yuwono. Paparan BPS dapat disaksikan melalui siaran langsung (live streaming) di kanal YouTube BPS (BPS Statistics) atau pada tautan berikut: http://s.bps.go.id/rilisbps2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi harga pangan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top