Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Butuh Investasi Besar, Pewaralaba Tetap Minati Ritel Modern

Kendati pandemi telah menggerus kemampuan permodalan wirausahawan dalam berbisnis, Namun, adanya peluang kerja sama patungan dalam memulai waralaba di ritel modern bisa menjadi opsi.
Aneka Franchise./Ilustrasi
Aneka Franchise./Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Modal besar yang dibutuhkan dalam waralaba ritel modern tidak menjadi hambatan bagi franchisee (pewaralaba) untuk masuk ke lini bisnis ini. Pewaralaba bisa memilih skema pembiayaan bersama untuk mengurangi risiko.

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) Levita Supit tidak memungkiri jika pandemi telah menggerus kemampuan permodalan wirausahawan dalam berbisnis. Namun, dia mengatakan adanya peluang kerja sama patungan dalam memulai waralaba di ritel modern.

“Investasi besar tidak menjadi halangan. Ada berbagai cara. Salah satu strateginya pewaralaba harus punya partner. Kalau diperhatikan banyak bisnis yang dijalankan keroyokan. Dengan demikian modal bisa dibagi dan risiko lebih kecil,” kata dia, Selasa (26/10/2021).

Levita juga meyakini kebijakan untuk mewaralabakan gerai ritel modern hadir untuk membuka peluang lahirnya wirausahawan-wirausahawan baru. Untuk sektor ritel modern, dia mencatat perusahaan dengan skala besar dan permodalan tinggi masih mendominasi dan partisipasi wirausahawan berskala menengah masih terbatas.

Di sisi lain, model waralaba juga memberi kesempatan bagi pelaku usaha untuk menjalankan bisnis ritel dengan risiko yang lebih rendah. Umumnya, merek-merek yang diwaralabakan telah terbukti kinerjanya di pasar.

“Artinya pewaralaba tinggal menjalankan, tidak perlu dari awal. Kami harap hal ini memberi semangat pelaku usaha menjalankan waralaba, termasuk di toko ritel modern,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper