Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Fakta-fakta Dibalik Tabrakan LRT Jabodebek

Sebelumnya dalam video yang beredar di Twitter, Senin (25/10/2021), dua LRT Jabodebek kecelakan terlihat saling bertabrakan pada bagian depan.
Rahmi Yati; Anitana Widya Puspa
Rahmi Yati; Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  21:06 WIB
Warganet menggunggah gambar LRT yang kecelakaan di Instagram. / julianaadev
Warganet menggunggah gambar LRT yang kecelakaan di Instagram. / julianaadev

Bisnis.com, JAKARTA – Pt inka (Persero) menyatakan tabrakan Lrt jabodebek melibatkan trainset 20 dengan 29 di jalur antara Stasiun Ciracas, Harjamukti, dan Cibubur. Saat itu LRT dalam rangka pengujian.

“Hari ini persiapan itu siang hari dan malam hari, karena besok trainset 29 ini akan diuji tim Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub," kata Direktur Utama INKA Budi Noviantoro, Senin (25/10/2021).

Rencananya, trainset 29 itu akan diuji oleh tim dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. PT INKA menyebut rangkaian kereta untuk LRT itu tersebar di sepanjang jalur di antara dua stasiun tersebut.

Budi Novi melanjutkan pada saat itu trainset 29 tengah berada di tengah-tengah jalur tersebut. Kemudian, trainset 29 itu diambil masinis untuk masuk ke dalam Stasiun Harjamukti. Pada saat trainset 29 itu mau masuk ke Harjamukti, terjadilah benturan.

Dia mengatakan rangkaian LRT 29, yang akan dicek Kemenhub besok, kemudian dipindah. Kecelakaan kemudian terjadi saat trainset 29 dari Ciracas hendak menuju Harjamukti.

Sebagaimana informasi yang dihimpun Bisnis, berikut ini adalah sejumlah fakta di balik tabrakan LRT yang masih dalam uji coba tersebut:

  • Penyebab tabrakan diduga akibat human error

Budi menyebut kecepatan untuk langsir normalnya 5 km/jam. Sementara saat kejadian, diduga masinis melaju terlalu cepat. Hal itu, tambah dia, tentu menyalahi prosedur yang ada sehingga terindikasi adanya human error. Kendati demikian, Budi menegaskan untuk penyebab pastinya pihaknya masih akan menunggu hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

  • Korban jiwa seorang masinis

Dalam insiden tersebut, seorang masinis dilaporkan menderita luka ringan dan dirawat di rumah sakit.

"Dalam peristiwa ini terdapat satu korban luka ringan yaitu masinis PT INKA dan saat ini masih dirawat di RS," kata General Manager Sekretaris Perusahaan di PT INKA (Persero) Puguh Dwi Tjahjono, Senin (25/10/2021).

Puguh menyebut peristiwa tabrakan itu terjadi pada pukul 13.00 WIB. Insiden tumbukan LRT Jabodebek itu melibatkan dua rangkaian kereta LRT diantara petak stasiun Harjamukti – stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek.

  • Tidak ada penumpang

PT INKA menyebutkan tidak ada korban jiwa dari penumpang karena masih dalam tahap uji coba.

Sebelumnya dalam video yang beredar di Twitter, Senin (25/10/2021), dua LRT Jabodebek kecelakan terlihat saling bertabrakan pada bagian depan.

Insiden tersebut lantas membuat sebagian pengguna jalan terkejut dan mendokumentasikan peristiwa tersebut. Bagian depan LRT yang mengalami kecelakaan terlihat remuk.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecelakaan pt inka lrt jabodebek
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top