Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri dan BNI Resmi Fasilitasi Layanan Perbankan Ekosistem Logistik Nasional

Melalui NLE, Bank Mandiri dan BNI bertujuan mempercepat proses pembayaran penerimaan negara dan memfasilitasi pembayaran antar pelaku usaha.
Bank Mandiri dan BNI ikut terlibat dalam layanan keuangan logistik nasional. /Angkasa Pura Logistik.
Bank Mandiri dan BNI ikut terlibat dalam layanan keuangan logistik nasional. /Angkasa Pura Logistik.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) dan PT Bank BNI Tbk. (BBNI) resmi menjadi penyedia layanan perbankan untuk memfasilitasi ekosistem logistik nasional, seiring adanya kerja sama dengan Tim Pelaksana Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

Ketua Tim Pelaksana Penataan Ekosistem Logistik Nasional (National Logistics Ecosystem/NLE) Askolani menjelaskan bahwa penandatanganan kerja sama ketiga pihak berlangsung pada Senin (11/10/2021). Dua anggota Himbara itu akan menyediakan layanan perbankan bagi ekosistem logistik nasional.

Askolani yang juga Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menjelaskan bahwa NLE bertugas menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen, baik internasional maupun domestik. Penyelarasan itu berorientasi pada kerja sama antar instansi pemerintah dan swasta.

Menurutnya, salah satu pilar NLE bertujuan untuk mempermudah proses pembayaran penerimaan negara dan memfasilitasi pembayaran antar pelaku usaha. Secara operasional, hal itu dikembangkan melalui kerja sama dengan bank dan platform pembayaran daring.

"Sebagai dasar pengaturan dan pemberlakuan perikatan kerja sama terkait pemberian pelayanan pembayaran/pembiayaan kepada pihak lain yang memiliki hubungan kerja sama dalam kerangka NLE, dibutuhkan sebuah perjanjian kerja sama antara Tim NLE dengan pihak perbankan/platform pembayaran lainnya," tutur Askolani pada Senin (11/101/2021).

Bank Mandiri dan BNI menjadi dua entitas perbankan pertama yang menjalin kerja sama dalam kerangka NLE. Menurut Askolani, ruang lingkup perjanjian kerja samanya adalah pemanfaatan layanan perbankan secara elektronik pada portal NLE.

Ruang lingkup itu meliputi pemenuhan kewajiban keuangan negara berupa pembayaran penerimaan negara, pembayaran biaya logistik yang telah diberitahukan dan diberlakukan dalam portal NLE, serta pemberian kemudahan/fasilitas pembiayaan dan/atau penjaminan pembayaran terkait layanan yang akan diatur lebih lanjut sesuai kesepakatan, untuk dapat digunakan pihak lain yang terkait.

"Perjanjian kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu lima tahun sejak ditandatangani dan selanjutnya diperpanjang sesuai kesepakatan dengan melakukan evaluasi. Perjanjian kerja sama ini tidak bersifat membatasi Tim NLE untuk melakukan perjanjian kerja sama yang serupa dengan lembaga perbankan atau lembaga keuangan lainnya," ujar Askolani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper