Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KA Bandara YIA Wujud Kontribusi KAI dalam Membangkitkan Pariwisata Daerah

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) merupakan salah satu bentuk kontribusi perseroan dalam membangkitkan pariwisata daerah.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 05 Oktober 2021  |  20:56 WIB
KA Bandara YIA Wujud Kontribusi KAI dalam Membangkitkan Pariwisata Daerah
Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (8/5/2019). Saat ini KAI menyediakan KA Yogyakarta International Airport (YIA) dengan Rute Stasiun Maguwo - Wojo PP dengan pemberhentian di empat stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojomo sebagai salah satu pendukung beroperasinya bandara YIA. - Antara/Andreas Fitri Atmoko
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) merupakan salah satu bentuk kontribusi perseroan dalam membangkitkan pariwisata daerah.

Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah mengatakan bahwa pihaknya berkontribusi dalam membangkitkan pariwisata di daerah melalui berbagai aktivitas anak usahanya, yakni PT KAI Wisata, serta mengoperasikan transportasi kereta api untuk memfasilitasi kenyamanan turis internasional maupun domestic.

“Termasuk pengoperasian KA Wisata dan KA Bandara, misalnya KAI Bandara Yogyakarta International Airport yang mempersingkat waktu tempuh dari/ke bandara–pusat kota Yogyakarta menjadi hanya sekitar 40 menit dari sebelumnya 90 menit," ujarnya dalam webinar Jelajah KAI 'Peran BUMN Perkeretaapian dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata Daerah', Selasa (5/10/2021).

Dia menyebut, kehadiran layanan KA Bandara itu dikarenakan Yogyakarta sebagai salah satu tujuan wisata, sehingga menjadi prioritas KAI untuk memberikan layanan kepada para pelanggan yang ingin berkunjung ke kawasan tersebut.

Sebagaimana diketahui, KA Bandara YIA mulai beroperasi secara komersial dengan tarif resmi yang ditetapkan pemerintah sejak 17 September 2021.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto mengatakan bahwa sudah cukup banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan KA Bandara YIA tersebut, meskipun masa sosialisasi dengan tarif Rp0 berakhir pada 16 September 2021.

Selama sepekan awal beroperasi secara berbayar, dia mencatat sebanyak 2.547 pengguna yang mencoba layanan tersebut dengan rata-rata 425 orang per hari.

Sebelumnya, soft launching pengoperasian KA Bandara YIA dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada 27 Agustus 2021.

Selanjutnya, dilakukan uji coba secara gratis bagi masyarakat umum pada 1–16 September 2021 dengan tarif Rp0.

Setelahnya, atau mulai 17 September 2021, KA Bandara YIA bisa dipergunakan bagi masyarakat umum dengan tarif tiket Rp20.000 untuk rute Yogyakarta–Bandara YIA, Rp10.000 untuk rute Yogyakarta–Wates, dan Rp20.000 untuk rute Wates–Bandara YIA.

Dalam sehari terdapat delapan kali perjalanan dengan rincian empat perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan empat perjalanan dari Bandara YIA. Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai ka bandara
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top