Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masuk Nominasi Stadion Terbaik Dunia, Ini Fasilitas Stadion Lukas Enembe

Stadion Lukas Enembe yang semula bernama Stadion Papua Bangkit ini menjadi tempat dibukanya PON XX Papua.
Stadion Lukas Enembe Papua/Antara-Nova Wahyudi
Stadion Lukas Enembe Papua/Antara-Nova Wahyudi

Bisnis.com, SOLO - Stadion Lukas Enembe yang berada di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Jayapura, Papua, diklaim sebagai stadion terbaik kedua di Indonesia setelah Gelora Bung Karno.

Tak hanya itu, stadion yang berada di jalan poros utama antara Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura ini ternyata juga pernah masuk dalam Nominasi Stadion Terbaik Dunia 2019 yang diselenggarakan oleh media online asal Polandia.

Diusulkannya ia menjadi stadion terbaik di dunia itu tentunya bukan tanpa alasan. Akses yang mudah ditambah dengan fasilitas yang mewah adalah salah dua faktor yang mendasarinya.

Dikutip dari Solopos.com, akses menuju stadion ini berjarak sekitar 8,9 km dari Bandar Udara Internasional Sentani. Lalu, jarak Stadion Lukas Enembe dengan fasilitas umum seperti Rumah Sakit Yowari hanya 15 kilometer atau 20 menit perjalanan darat.

Di sisi lain, lintasan atletik sintetis di Stadion Lukas Enembe juga telah bersertifikasi kelas 1 standar federasi atletik internasional (IAAF). Arena tersebut pun dilengkapi dengan sebuah lapangan pemanasan.

Sementara itu, terkait pencahayaan, stadion berkapasitas mencapai 40 ribu penonton ini menggunakan LED teknologi DMX dari Philips yang bisa mengikuti beat musik dengan kekuatan 1.800 lux.

Selanjutnya, papan skor digital terpasang di dua sisi tribun didatangkan langsung dari Eropa, sedangkan 88 unit perangkat sound system yang didatangkan dari Jepang.

Lalu, untuk rumput yang digunakan dalam lapangan sendiri merupakan rumput Zoysia Matrella atau rumput Manilla.

Tak ketinggalan, bagian luar stadion dikelilingi ornamen fasad baja melengkung yang menampilkan ukiran khas Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ahmad Baihaqi
Sumber : JIBI/Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper