Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IPC Terminal Petikemas Layani Rute Ekspor Baru Pontianak–Singapura

PT IPC Terminal Petikemas membuka layanan rute baru Pontianak–Singapura yang diluncurkan oleh Principal Argo En Avant Pte Ltd, dengan agen pelayaran PT Pelayaran Tresnamuda Sejati.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 26 September 2021  |  15:42 WIB
Ilustrasi. Bisnis - Himawan L Nugraha
Ilustrasi. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT IPC Terminal Petikemas membuka layanan rute baru Pontianak–Singapura yang diluncurkan oleh Principal Argo En Avant Pte Ltd, dengan agen pelayaran PT Pelayaran Tresnamuda Sejati.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis IPC Terminal Petikemas David Sirait mengatakan bahwa pihaknya mendukung segala bentuk penguatan ekspor untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

Dia menuturkan, sebelumnya pun pihaknya telah dilakukan pembukaan rute baru Panjang–Singapura dan Jakarta–Singapura, dan kini ditambah Pontianak–Singapura yang baru saja dibuka oleh Perusahaan Pelayaran PT Tresnamuda Sejati.

“Rute baru ini dapat menambah pilihan konsumen untuk proses ekspor, menambah jumlah kapal ekspor, dan meningkatkan produktivitas terminal,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (26/9/2021).

Sandarnya Tongkang Indo Sukses 39 dengan Tugboat MTS 39 tersebut, mengangkut 300 TEUs peti kemas yang akan dibongkar di Terminal Peti Kemas Pontianak.

Disamping itu, tongkang yang memiliki panjang 76,2 meter itu juga siap dimuat 220 TEUs peti kemas, serta bisa menjadi armada tambahan bagi para eksportir Pontianak, terutama untuk komoditas kelapa dan karet untuk langsung dibawa ke Singapura untuk kemudian dikirim ke negara tujuan ekspor.

Layanan Pontianak–Singapura–Pontianak itu rencananya akan rutin berlayar setiap dua minggu. Diharapkan rute baru tersebut dapat menjadi peluang untuk meningkatkan perdagangan, mendorong pemulihan ekonomi, dan menambah aktivitas ekspor yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di wilayah Pontianak.

Sebelumnya, IPC Terminal Petikemas  telah lebih dulu melayani rute baru pelayaran ke Singapura yang diluncurkan oleh Meratus Line. Kapal rute Jakarta–Singapura–Jakarta sandar di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Meratus Line juga meluncurkan layanan PING Service yang melayani rute Panjang–Singapura–Panjang, di mana kegiatan bongkar muat barang akan dilayani oleh IPC Petikemas Area Panjang.

Layanan direct service itu akan berkontribusi pada peningkatan konektivitas perdagangan dengan negara tetangga dan mempercepat distribusi barang.

Bagi pemilik barang, layanan direct service menjadi peluang bagi pemilik barang yang mengutamakan kepastian jadwal dan kualitas, karena memangkas waktu perjalanan, sehingga pengiriman menjadi lebih efektif.

Layanan tersebut akan rutin berlayar setiap minggu dengan pilihan waktu pada hari kerja, dan dilayani oleh kapal-kapal Meratus berkapasitas 500–600 TEUs.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peti kemas singapura ipc
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top