Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub Harap Bandara Siboru Dapat Jadikan Fakfak Kota Pariwisata

Penetapan lokasi Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, merupakan hasil koordinasi intens dengan Gubernur Provinsi Papua Barat dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 September 2021  |  12:24 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan) saat mendampingi Presiden Joko Widodo (kiri) saat meninjau Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, pada Jumat (11/6/2021).  - ANTARA/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (dua kanan) saat mendampingi Presiden Joko Widodo (kiri) saat meninjau Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, pada Jumat (11/6/2021). - ANTARA/Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan pembangunan Bandara Siboru dengan akses jalan langsung ke kota Fakfak, akan dapat menjadikan Fakfak sebagai kota pariwisata dan memiliki koneksi yang lancar dengan kota lain.

Menhub mengatakan bahwa penetapan lokasi Bandara Siboru, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, merupakan hasil koordinasi intens dengan Gubernur Provinsi Papua Barat dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

“Hari ini saya hadir dengan senang, apalagi Pak Presiden memerintahkan kepada kami untuk membangun Papua ini secara spartan, secara cepat. Saya minta dukungan dari warga masyarakat agar ini bisa lancar,” ujar Budi dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/9/2021).

Dia menyebutkan, saat ini pembangunan Bandara Siboru sudah sekitar 30 persen, dan diharapkan pada akhir 2022 sudah selesai dibangun.

Sekadar informasi, Menhub meninjau langsung perkembangan proyek pembangunan Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak bersama dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM) Bahlil Lahadalia dengan didampingi Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan.

Adapun Bahlil menyampaikan agar Pemerintah Daerah (Pemda) turut mendukung proyek pembangunan Bandara Siboru.

Bahlil mengungkapkan bahwa proses pembangunan Bandara Siboru ini sudah mulai direncanakan sejak 2011 lalu dan berhasil dieksekusi oleh Menteri Perhubungan saat ini.

Bahlil meminta agar semua pihak, terutama pemerintah daerah mendukung penuh proyek pembangunan bandara baru ini agar bisa selesai tepat waktu sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

“Alhamdulillah ini sudah jalan. Saya minta Pak Bupati Fakfak, urusan-urusan rakyat tolong diselesaikan agar target 2022 bandara ini sudah selesai. Dan ini anggarannya tidak main-main, membangun 1 bandara di Papua sama dengan 2 bandara di Pulau Jawa,” tuturnya lewat keterangan resmi, Sabtu (25/9/2021).

Bahlil mengharapkan dapat tercipta pembangunan kota baru melalui pembangunan akses jalan sebagai infrastruktur pendukung Bandara Siboru tersebut.

“Saya sudah presentasi di depan Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum, untuk tidak pakai jalan yang ada saat ini. Nanti akses jalan lewat atas, agar ada pembangunan kota baru,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Provinsi Papua Barat yang telah memberikan dukungan penuh dalam proyek pembangunan Bandara Siboru ini.

“Alhamdulillah juga sudah disetujui anggarannya, nanti tahun 2022 Insha Allah sudah mulai jalan. Kalau ini terbuka, baru kita bicara pariwisata dan ekonomi kerakyatan. Kalau boleh saran saya, kita dukung dulu ini agar cepat selesai,” tambahnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menteri perhubungan pembangunan bandara Papua Barat
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top