Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

U.S. Bancorp Caplok MUFG Union Bank

Akuisisi ini akan menjadikan U.S. Bancorp sebagai bank terbesar kelima di AS berdasarkan deposito, melompat dari No. 10 saat ini.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 22 September 2021  |  15:52 WIB
Wall Street. - Bloomberg
Wall Street. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - U.S. Bancorp akhirnya menyelesaikan pembelian MUFG Union Bank NA seharga US$8 miliar. Akuisisi ini menjadi salah satu bentuk gelombang konsolidasi bank regional di AS.

Pengambilalihan tersebut akan menjadikan bank yang berbasis di Minneapolis ini menjadi yang terbesar kelima di AS berdasarkan deposito, melompat dari No. 10 saat ini, menurut sebuah pernyataan. Akuisisi ini juga akan menciptakan tambahan lebih dari 1 juta pelanggan dan sekitar 190.000 klien bisnis kecil.

“Akuisisi MUFG Union Bank menggarisbawahi komitmen kami untuk memperkuat dan menumbuhkan bisnis kami di pesisir barat dan menciptakan investasi yang melayani pelanggan dan komunitas lokal serta meningkatkan persaingan di industri keuangan," ungkap Chief Executive Officer U.S. Bancorp Andy Cecere seperti dikutip Bloomberg pada Selasa (21/9/2021).

Cecere juga masih membuka ruang untuk kemungkinan akuisisi lebih lanjut.

“Kami masih melihat kesempatan untuk mengekspansi distribusi yang sebelumnya sudah kami bicarakan melalui diskusi dan panggilan. [Akuisisi] ini hanya mekanisme yang lebih cepat dan lebih besar," tambah Cecere.

Nilai pembelian tersebut terdiri dari US$5,5 miliar dalam bentuk uang tunai dan 44 juta saham U.S. Bancorp. Akuisisi tidak termasuk bank korporat dan investasi global MUFG Union Bank dan beberapa fungsi middle office dan back office.

MUFG yang telah mencaplok Union Bank pada 2008 senilai US$3,5 miliar hanya akan memegang saham minoritas sekitar 2,9 persen ketika kesepakatan telah selesai.

MUFG mengatakan transaksi total dapat mencapai US$17,6 miliar, termasuk US$9,6 miliar dari dividen dan pembelian kembali saham sebelum penjualan.

“Kami sudah menunggu satu dekade untuk [akuisisi] itu," ujar analis Piper Sanldler R. Scott Siefers.

Lender seperti U.S. Bancorp dan PNC Financial Services Group Inc. tengah memperbesar unitnya dengan melakukan merger dan membeli unit perusahaan asing di AS sebagai langkah untuk bersaing dengan bisnis bank ritel yang dimiliki raksasa Wall Street.

JPMorgan Chase & Co., dan Bank of America Corp., telah pindah ke negara bagian lain dan membelanjakan miliaran dolar per tahunnya untuk produk digital. Sementara itu, PNC telah menyelesaikan akuisisi bisnis Banco Bilbao Vizcaya Argentaria SA di AS pada Juni dengan nilai US$11,6 miliar.

Kendati demikian, Analis Senior Perbankan Regional Bloomberg Intelligence Herman Chan mengatakan seiring banyaknya akuisisi yang terjadi, kemungkinan kesepakatan besar akan ditunda untuk saat ini.

"Ketika bank mulai mencerna kesepakatan ini, akan ada sedikit jeda,” kata Chan dalam sebuah wawancara.

Sementara itu, Fifth Third menjadi satu-satunya bank regional terbesar di AS yang belum melakukan akuisisi dalam 2 tahun terakhir.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akuisisi perbankan as

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top