Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendag Catat Harga Daging Ayam Ras Melambung. Ini Penyebabnya

Daging ayam ras mengalami kenaikan harga yang signifikan dibandingkan bulan lalu sebesar 5,57 persen menjadi Rp34,100 per kilogram. Kondisi tersebut disebabkan oleh tingginya harga input produksi seperti DOC broiler yang di atas harga acuan dan harga pakan ternak.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 18 September 2021  |  13:46 WIB
Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan. - Kemendag.go.id
Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan. - Kemendag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menuturkan harga barang kebutuhan pokok secara umum relatif stabil hingga pekan ini.

Kendati demikian, Oke membeberkan daging ayam ras mengalami kenaikan harga yang signifikan dibandingkan bulan lalu sebesar 5,57 persen menjadi Rp34,100 per kilogram. Oke mengatakan kenaikan harga itu masih di bawah harga acuan sebesar Rp35,000.

“Kondisi tersebut disebabkan oleh tingginya harga input porduksi seperti DOC broiler yang di atas harga acuan dan harga pakan ternak seiring dengan kenaikan harga jagung dan keledai dunia,” kata pejabat Kemendag tersebut melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/9/2021).

Di sisi lain, Oke menerangkan, harga minyak goreng curah naik sebesar 2,17 persen dan minyak goreng kemasan naik mencapai 1,88 persen jika dibandingkan dengan bulan lalu.

“Kenaikan harga minyak goreng di dalam negeri dipicu oleh kenaikan harga CPO dunia yang masih terus terjadi,” tuturnya.

Adapun, dia menambahkan, harga telur ayam di tingkat peternak kembali mengalami penurunan sebesar 13,25 persen menjadi Rp17,152 atau berada di bawah harga acuan sebesar RP19,000 hingga Rp21,000.

“Penurunan harga disinyalir terjadi karena adanya oversupply. Kondisi ini dinilai memberatkan peternak rakyat karena harga input produksi seperti DOC dan pakan jagung mengalami kenaikan yang signifikan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendag bahan pokok minyak goreng daging ayam ras
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top