Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Program Kartu Prakerja Ikut Dorong Ketahanan Usaha Mikro di Tengah Pandemi

Program Kartu Prakerja juga dinilai membantu hal yang paling dibutuhkan oleh pedagang online tersebut, mulai dari pelatihan, pengetahuan, dan keterampilan digital.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 17 September 2021  |  06:02 WIB
Program Kartu Prakerja Ikut Dorong Ketahanan Usaha Mikro di Tengah Pandemi
Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Program Kartu Prakerja dinilai ikut mendorong ketahanan usaha mikro dan kecil di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyampaikan bahwa sebanyak 70 persen dari penerima Kartu Prakerja menggunakan insentif untuk modal usaha.

“70 persen dari penerima menggunakan insentif untuk modal usaha, ada yang beli bahan, ada yang beli kompor, ada yg beli freezer, ada yang beli barang untuk dijual lagi,” katanya dalam webinar, Kamis (16/9/2021).

Denni menjelaskan, berdasarkan riset Bank Dunia (World Bank), sebanyak 33 persen pedagang online (mayoritas mikro-kecil) menerima bantuan tunai dari pemerintah, dalam bentuk Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja juga dinilai membantu hal yang paling dibutuhkan oleh pedagang online tersebut, mulai dari pelatihan, pengetahuan, dan keterampilan digital.

Denni pun menyampaikan, Program Kartu Prakerja berhasil menekan angka pengangguran, di mana penerima penerima yang mengganggur mengalami penurunan dari 56 persen menjadi 39,8 persen setelah mengikuti program pelatihan.

“Sebaliknya yang kerja, di survei yang baru, [meningkat] dari 49 menjadi 62 persen,” jelasnya.

Adapun, pemerintah mencatat, penerima Kartu Prakerja sepanjang 2021 telah mencapai 4,3 juta orang. Peserta yang telah menyelesaikan pelatihan mencapai 3,2 juta orang.

Di samping itu, insentif yang telah dicairkan mencapai Rp6,82 triliun kepada sebanyak 3.040.724 penerima.

Sejak pertama kali dibuka hingga saat ini, tercatat 69,7 juta orang telah mendaftar program Kartu Prakerja. Seluruh pendaftar tersebut tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

usaha mikro kartu prakerja Covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top