Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Uang Sekolah Naik, Sektor Pendidikan Catat Kenaikan Inflasi Tertinggi di Agustus 2021

BPS mencatat, sektor pendidikan mengalami inflasi sebesar 1,2 persen secara bulanan (month-to-month/mtm). Sektor ini pun memberikan andil yang cukup besar, yaitu 0,07 persen terhadap inflasi Agustus 2021.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 September 2021  |  11:43 WIB
Ilustrasi anak Sekolah Dasar (SD)  - Antara
Ilustrasi anak Sekolah Dasar (SD) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Setianto menyampaikan bahwa indeks harga pada sektor pendidikan mengalami inflasi yang tinggi pada Agustus 2021.

BPS mencatat, sektor pendidikan mengalami inflasi sebesar 1,2 persen secara bulanan (month-to-month/mtm). Sektor ini pun memberikan andil yang cukup besar, yaitu 0,07 persen terhadap inflasi Agustus 2021 yang tercatat mencapai 0,03 persen mtm.

“Ini cukup tinggi karena memang tahun ajaran baru terjadi di Agustus dan menjadi momen bagi sekolah-sekolah untuk meningkatkan dan memperbaiki operasinal pendidikan di tingkat SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi,” katanya dalan konferensi pers virtual, Rabu (1/9/2021).

Setianto merincikan, kenaikan uang sekolah SMP dan kuliah masing-masing memberikan andil 0,02 persen kepada inflasi.

Sementara itu, uang sekolah SMA memberikan andil sebesar 0,01 persen. Adapun, pada Agustus 2021, BPS mencatat inflasi sebesar 0,03 persen secara bulanan .

Secara tahunan, inflasi tercatat mencapai 1,59 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), meningkat tipis dibandingkan dengan posisi pada Juli 2021 sebesar 1,52 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi BPS tahun ajaran baru
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top