Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Misi Menaikkan Produksi Migas hingga Balapan Formula E yang Terancam Batal  

Pekerjaan rumah terberat sektor migas saat ini sesungguhnya adalah mempertahankan tingkat produksi di tengah penurunan nilai ekonomi sumur tua.
Petugas memeriksa pengoperasian Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020)./ ANTARA - M Ibnu Chazar
Petugas memeriksa pengoperasian Rig (alat pengebor) elektrik D-1500E di Daerah operasi pengeboran sumur JST-A2 Pertamina EP Asset 3, Desa kalentambo, Pusakanagara, Subang, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020)./ ANTARA - M Ibnu Chazar

Bisnis.com, JAKARTA — Menaikkan produksi minyak dan gas bumi menjadi pekerjaan berat pemerintah dan kontraktor kontrak kerja sama sejak beberapa tahun terakhir. Usia lapangan migas yang sudah tua menjadi salah satu sulitnya mencapai tujuan tersebut.

Berita mengenai produksi migas itu menjadi salah satu dari lima berita pilihan Bisnisindonesia.id. selain kabar Blibli.com yang disebut-sebut bakal melantai di bursa, serta rencana kenaikan tarif cukai hasil tembakau.

Ada juga berita sejumlah perusahaan teknologi yang meramaikan pasar modal untuk menawarkan saham perdananya (IPO) dan rencana pergelaran balapan mobil listrik Formula E di Jakarta yang ditentang oleh anggota DPRD DKI.

Selain itu, beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik juga tersaji di meja redaksi Bisnisindonesia.id. 

Berikut ini adalah intisari dari setiap berita pilihan.

1. Misi Besar Mengungkit Kinerja Lifting Minyak dan Gas Kian Sulit

Pemerintah menargetkan peningkatan produksi siap jual (lifting) minyak dan gas bumi menjadi 1,73 juta barel setara minyak per hari guna memperbaiki neraca perdagangan. 

Dalam usulan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022, target lifting migas pada 2022 terdiri atas lifting minyak sebesar 703.000 barel minyak per hari (bopd) dan lifting gas bumi sebesar 1,03 juta barel setara  minyak per hari (boepd).

Usulan tersebut dibuat dengan mempertimbangan harga komoditas minyak dan gas bumi pada tahun ini.

Akan tetapi, dibutuhkan upaya ekstra dari pemerintah dan kontraktor agar target tersebut bisa terealisasi. Pasalnya, mayoritas lapangan migas yang diandalkan Indonesia pada saat ini telah memasuki usia tua dan memiliki tren penurunan produksi dari tahun ke tahun.

Dari sisi bisnis, selain mengejar capaian volume, para kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) juga memperhatikan perhitungan biaya produksi minyak per barel. Untuk di lapangan migas yang tua, biaya produksi yang dibutuhkan akan lebih besar.

2. Kabar IPO Blibli.com, Refleksi Kejenuhan Investasi Lokapasar 

Kabar Blibli.com menambah daftar dedengkot dagang-el yang terpincut melantai di bursa membawa sinyal perubahan masif terhadap konstelasi industri rintisan di Tanah Air sebab, ke depan, variasi vertikal dalam ekosistem startup nasional berisiko kian monoton.

Blibli.com—yang disokong oleh kelompok usaha konglomerat Djarum Group—dikabarkan sudah memilih penasihat untuk memuluskan rencana penawaran publik perdana atau initial public offering (IPO) di Jakarta pada Januari 2022.

Jika rumor tersebut benar, Blibli.com praktis akan bergabung dengan kompetitornya PT Bukalapak.com Tbk. di pasar efek domestik.

Persaingan antarplatform dagang-el turut diramalkan makin semarak pada tahun depan apabila Blibli.com benar-benar melakukan IPO pada 2022.

Tren ke arah digital oleh perusahaan berbasis teknologi memang tengah terjadi di Amerika Serikat (AS) dan negara-negara maju lainnya.

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Misi Menaikkan Produksi Migas hingga Balapan Formula E yang Terancam Batal   

3. Pengumuman Tarif Cukai Rokok Tunggu Pengesahan RUU APBN 2022

Kenaikan tarif cukai hasil tembakau akan diumumkan setelah RUU APBN 2022 disahkan DPR.

Tarif cukai hasil tembakau sudah ditetapkan Oktober sehingga akan mempermudah perusahaan hasil tembakau menyusun target produksi tahun depan.

Dalam RAPBN 2022, pemerintah menargetkan penerimaan cukai Rp203,9 triliun, naik 11,84% dari outlook penerimaan cukai APBN 2021 yang sebesar Rp182,2 triliun.

Sebelumnya, sumber Bisnis menyebutkan pemerintah mengusulkan kenaikan tarif cukai hasil tembakau sekitar 10%.

4. Ramai Aksi IPO Bikin Modal Ventura Gencar Kucurkan Dana

Sejumlah perusahaan teknologi yang meramaikan pasar modal untuk menawarkan saham perdananya (IPO) ternyata menjadi kredit bagi kepercayaan diri perusahaan modal ventura untuk menyalurkan dana.

Kesuksesan IPO para unikorn angkatan pertama ini membuktikan bahwa masyarakat percaya perusahaan berbasis teknologi asal Tanah Air nantinya bukan hanya berpotensi dicaplok karena sulit mendulang profit.

Sebelumnya, daftar startup Indonesia yang telah memperoleh status unikorn atau memiliki valuasi US$1 miliar, yaitu GoTo, J&T, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, OVO, dan OnlinePajak.

Sementara berdasarkan laporan DSinnovative Startup Report 2020, kandidat startup unikorn selanjutnya, atau yang telah masuk daftar centaur, yaitu memiliki valuasi US$100 juta sampai US$999 juta tercatat berjumlah 43 startup.

Terbanyak, yakni 17 startup berasal dari sektor teknologi finansial (tekfin/fintech), contohnya Akulaku, Kredivo, Investree, Ajaib, Xendit, DANA, sampai LinkAja.

5. Balapan Formula E Anies Baswedan Disalip 33 Anggota DPRD Jakarta

Niat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar balapan mobil listrik Formula E tahun 2022 berbuntut pada keputusan anggota DPRD mengajukan hak interpelasi. 

Sebanyak 33 anggota DPRD DKI resmi mengajukan hak interpelasi kepada Gubernur DKI Anies Baswedan. Ke-33 anggota DPRD DKI Jakarta itu berasal dari 2 fraksi yakni PDIP sebanyak 25 orang dan delapan orang lainnya dari PSI.

Hak interpelasi itu diarahkan untuk mendengar penjelasan Anies soal gelaran mobil listrik tersebut, malahan untuk membatalkan program prioritas tersebut.

Pada bagan lain, Anies Baswedan mencopot Dwi Wahyu Daryoto dari posisi Direktur Utama Jakpro

Padahal, Anies memberi penugasan kepada Jakpro untuk menyelenggarakan gelaran balap mobil listrik Formula E tahun depan.

Balap mobil listrik itu menjadi salah satu program prioritas Anies pada masa akhir jabatannya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper