Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SGC Luncurkan 2 Produk baru Semen dan Bahan Bangunan

Siam Cement Group (SCG) melalui salah satu unit bisnisnya di Indonesia yang merupakan produsen semen dan bahan bangunan, SCG Cement-Building Materials (CBM) resmi meluncurkan dua produk SCG Mortar dan SCG Beton Instan
Ilustrasi-Siam Cement Group./Bisnis.dok perusahaan
Ilustrasi-Siam Cement Group./Bisnis.dok perusahaan

Bisnis.com, JAKARTA - Siam Cement Group (SCG) melalui salah satu unit bisnisnya di Indonesia yang merupakan produsen semen dan bahan bangunan, SCG Cement-Building Materials (CBM) resmi meluncurkan dua produk SCG Mortar dan SCG Beton Instan.
 
Kedua produk tersebut merupakan bahan bangunan inovatif dengan karakteristik siap pakai, yang disuguhkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.
 
SCG Mortar adalah produk terbaru pada portofolio produk CBM, sementara SCG Beton Instan merupakan rebranding product dari versi sebelumnya yang bernama Beton Instan Jayamix.
 
Sales and Marketing Director SCG CBM Indonesia Thichet Srisuriyon mengatakan sebagai pelaku industri yang sudah puluhan tahun melayani konsumen di tanah air, SCG Indonesia melihat saat ini tren konstruksi semakin berkembang, mulai dari perilaku dan selera konsumen hingga metode konstruksi bangunan yang diterapkan.
 
Konsumen pun semakin kritis dalam mengambil keputusan terkait properti, termasuk ekspektasi terhadap kualitas bahan bangunan yang digunakan. Sementara, metode konstruksi yang meliputi biaya, kualitas, dan waktu juga bertransformasi ke arah yang lebih cepat, efektif dan efisien, serta berkelanjutan.
 
"Karenanya, SCG menciptakan bahan bangunan inovatif seperti SCG Mortar dan SCG Beton Instan untuk merespon tuntutan tersebut," ujarnya dalam acara peluncuran secara virtual, Selasa (24/8/2021) 
 
Kedua produk ini menawarkan tiga nilai tambah, yaitu kenyamanan diman produk mudah dipakai, dikelola, atau disimpan. Lalu inklusivitas, memungkinkan semua orang termasuk mereka yang awam denganmaterial bangunan untuk swadaya menggunakan produk ini.
 
Selain itu, aksesibilitas ketersediaan produk yang menjangkau area dengan permintaan tinggi seperti kota besar, baik untuk proyek residensial maupun komersial.
 
“Kami percaya inovasi adalah kunci menjawab kebutuhan pasar yang terus berkembang. Terobosan segar ini merupakan langkah proaktif kami dalam membantu masyarakat beradaptasi dengan perkembangan zaman," katanya.
 
Di sisi lain, hal ini juga komitmen kami untuk memperkuat posisi sebagai one-stop solution, penyedia bahan bakubangunan yang terintegrasi. 
 
Secara satu pintu, pelanggan bisa memenuhikebutuhan beragam bahan baku bangunan dengan ragam spesifikasi.
 
Thichet menambahkan SCG Mortar hadir dalam dua jenis sesuai kegunaan untuk melengkapi lini produk SCG CBM lainnya, yakni bataringan SCG Smartblock yakni SCG Mortar perekat bata ringan untuk pemasangan dinding bata ringan, dan SCG Mortar pasangan bata dan plesteran untuk pemasangan bata dan plesteran dinding. 

Keduanya dibuat dari formula unggulan, terdiri dari semen portland, pasir silika, dan material pengisi dan aditif. 
 
"Formula tersebut menekan risiko penyusutan sehingga meminimalisir retak rambut pada dinding yang berdampak pada ketahanan bangunan. Karenanya, produk ini memiliki daya rekat dan elastisitas tinggi sehingga mampu memberikan hasil yang lebih rapi dan kuat," tuturnya. 
 
Selanjutnya, SCG Beton Instan juga terbuat dari bahan baku berkualitas tinggi, yaitu semen portland, pasir, split, dan aditif. Formula ini menghasilkan mutu yang konsisten, dan mendukung hasil bangunan yang kokoh.
 
Seluruh material yang dibutuhkan tersedia dalam satu kemasan, memudahkan proses pengolahan hingga siap digunakan. Produk ini esensial digunakan untuk renovasi dan konstruksi berbagai struktur bangunan seperti pondasi rumah dan lantai atas pada gedung.
 
Thichet meyakini di tengah situasi pandemi saat ini merupakan waktu yang tepat menghadirkaninovasi ini ke pasar. 
 
Kebutuhan proyek konstruksi terus tumbuh mulai dari proyek infrastruktur nasional sampai pembangunan industri.
 
"Sementara daribtataran mikro, kebutuhan masyarakat untuk memiliki hunian cenderung stabil bahkan berpotensi meningkat seiring berbagai stimulus pembelian rumah yang diberikan pemerintah," ucapnya. 
 
SCG Indonesia optimistis bahwa ke depannya, minat serta tingkat literasi masyarakat terhadap bahan bangunan inovatif akan semakin meningkat. 

"Peluncuran produk ini diharapkan dapat menuai penerimaan yang baik di masyarakat," ujarnya. 
 
Marketing and Branding Manager SCG CBM Indonesia Sandy Fitransah menuturkan daya tarik produk ini memang terletak dari kepraktisan penggunaannya. 

Konsumen dapat merasakan kemudahan mencampur air dengan semen sesuaitakaran yang direkomendasikan. 
 
"Produk kami menawarkan prinsip value for money, kemudahan tersebut tidak akan mengurangi kualitas daya tahan material sehingga tidak kalah dengan bahan baku konvensional," katanya. 
 
Selain itu, sesuai spirit SCG dalam mengupayakan pembangunan berkelanjutan, kedua produk tersebut didesain untuk meminimalisir limbah bangunan atau sisa pemakaian bahan. 
 
"Volume penggunaan lebih efisien. Hal ini diharapkan dapat berdampak positif bagi lingkungan," ucap Sandy.
 
Dalam kesempatan yang sama, Arsitek Studio Arsitektropi S Ren Katili berpendapat saat ini referensi masyarakat dalam memiliki hunian idaman dengan desain yang menarik di Indonesia, semakin luas sehingga tantangan penggunaan material bangunan yang berkualitas untuk menunjang kreatifitas desain bangunan yang estetik juga semakin meningkat baik interior maupun eksterior.
 
“Bahan mendasar seperti semen dan blok beton memainkan peran besarbdalam konstruksi. Material seperti bata ringan dan beton instan menjadi salah satu opsi terbaik untuk mewujudkan kebutuhan tersebut," tuturnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper