Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selama Pandemi, Pan Brothers (PBRX) Tambah 3.000 Karyawan Baru

Pan Brothers (PBRX) mencatatkan penjualan sebesar 4 persen menjadi US$126,2 juta pada kuartal I/2021 dibandingkan dengan kuartal I/2020
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. /panbrotherstbk.com
Proses penjahitan produk tekstil di pabrik PT Pan Brothers Tbk. /panbrotherstbk.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pan Brothers Tbk. (PBRX) menyebut telah menambah 3.000 karyawan baru selama pandemi Covid-19.

Wakil Direktur Utama Pan Brothers Anne Patricia Sutanto mengatakan dengan sistem protokol kesehatan yang berkelanjutan, terbukti memberi kepercayaan kepada para buyers luar negeri terhadap industri di Indonesia.

Untuk itu, Anne mengapresiasi langkah pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian yang terus menginisiasi berbagai program dalam mendukung aktivitas sektor industri selama masa pandemi.

"Di perusahaan kami, selama pandemi kami justru menambah karyawan hingga 3.000 orang. Hal ini merupakan wujud nyata dari konsistensi dari pemerintah khususnya Kemenperin dalam memberikan perhatian kepada sektor industri," katanya melalui siaran pers, Minggu (22/8/2021).

Anne menyebut sebagai industri padat karya, pabrikan tekstil memang sangat memerlukan sistem prokes yang baik. Dengan sistem tersebut artinya pabrikan memiliki satu alat yang akurat untuk mengetahui kondisi orang yang masuk dalam pabrik, baik itu dari karyawan atau tamu.

Pada prinsipnya menurut Anne, situasi pandemi ini harus dihadapi dengan bijaksana. Hal ini perlu ditopang kebijakan yang tepat dari pemerintah, terutama dalam memacu kinerja sektor industri.

"Sebab kami berkomitmen kepada pasar dunia, semua produk made in Indonesia dari kami bisa dikirim secara on time selama masa pandemi. Hal ini bisa terjaga kalau kami juga bisa memastikan kesehatan karyawan,” ujarnya.

Sementara itu, mengutip laporan hasil rapat umum pemegang saham atau RUPS perseroan pada, Jumat (20/8/2021) lalu, PBRX tercatat masih menorehkan pertumbuhan kinerja hingga awal tahun ini.

Kegiatan operasional diklaim tetap berjalan dengan baik, meskipun menghadapi tantangan yang sulit karena siklus konversi kas yang memanjang di seluruh industri, terutama disebabkan oleh pandemi dan pengurangan trade line yang signifikan.

"Di tengah situasi yang tidak menguntungkan ini, PBRX masih berhasil meningkatkan penjualan sebesar 4 persen menjadi US$126,2 juta pada kuartal I/2021 dibandingkan dengan kuartal I/2020," tulis laporan RUPS tersebut.

Hal itu sebagian besar didorong oleh dukungan dan kepercayaan dari pembeli dan pemasok yang telah bersedia membantu perseroan mengelola kebutuhan modal kerja untuk memastikan kegiatan operasional dapat terus berjalan lancar tanpa pengurangan karyawan serta malah terjadi penambahan karyawan selama masa sulit ini.

Adapun PBRX saat ini masih menjadi produsen garmen terbesar di Indonesia berdasarkan kapasitas terpasang dengan jumlah tenaga kerja per 31 Desember 2020 sejumlah 30.508 karyawan, dan meningkat per 31 Maret 2021 menjadi 31.473 karyawan.

Per 30 Juni 2021, perseroan kembali mencatatkan peningkatan tenaga kerja menjadi 32.825 karyawan yang tersebar di 25 pabrik PBRX di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper