Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap-Siap! Tarif Baru akan Berlaku di Ruas Tol Ciawi-Cigombong

Sebelumnya, saat diresmikan 2018 lalu, tarif tol Bogor-Ciawi-Sukabumi dipatok sebesar Rp1.000 per kilometer.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 21 Agustus 2021  |  22:43 WIB
Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/12/2018). - ANTARA/Arif Firmansyah
Antrean kendaraan memadati pintu keluar gerbang tol Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/12/2018). - ANTARA/Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - PT Trans Jabar Tol (TJT) selaku pengelola ruas tol Ciawi-Sukabumi mengumumkan akan ada penyesuaian tarif pada ruas tol Ciawi-Sukabumi Seksi I (Ciawi-Gombong).

Sebelumnya, saat diresmikan 2018 lalu, tarif tol Bogor-Ciawi-Sukabumi dipatok sebesar Rp1.000 per kilometer. Ruas tol itu termasuk tol Ciawi, Cigombong, Cibadak, Sukabumi.

Saat ini, ruas Ciawi-Sukabumi Seksi I (Ciawi-Cigombong) telah beroperasi sepanjang 15 kilometer. Jadi, jika disimulasikan tarif tol Ciawi-Cigombong sebesar Rp15.000.

Direktur Utama PT Trans Jabar Tol (TJT) Anjar Kuswijanarko mengatakan rencana penyesuaian tarif ini tentu akan diimbangi dengan kualitas pelayanan dan pengelolaan yang semakin baik. 

Penyesuaian tarif tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 821/KPTS/M/2021 tanggal 25 Juni 2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi I (Ciawi - Cigombong).

"Trans Jabar Tol selaku pengelola ruas Ciawi-Sukabumi selalu berupaya untuk menjaga kualitas pelayanan dan kondisi jalan tol dengan melakukan pengecekan dan reparasi secara berkala pada jalanan atau fasilitas jalan tol yang perlu diperbaiki," kata Anjar dalam siaran pers, Sabtu (21/8/2021).

Dengan adanya penyesuaian tarif ini, maka pengerjaan ruas tol Ciawi - Sukabumi Seksi II (Cigombong-Cibadak) dengan panjang tol 11,9 kilometer diperkirakan dapat beroperasi pada awal 2022.

"Kami berharap adanya tarif baru ini juga dapat mempercepat proses pengerjaan ruas Cigombong-Cibadak. Kami sangat mengupayakan agar ruas Cigombong - Cibadak bisa selesai di awal tahun 2022," tuturnya. 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi H. Sambas menuturkan ruas tol Ciawi-Sukabumi memiliki manfaat yang besar pada wilayah Jawa Barat.

"Saya sendiri sebagai penduduk juga sangat merasakan manfaatnya. Sebelum ada ruas tol ini, untuk menuju ke Cigombong dari Ciawi saja bisa 90 menit, dengan menggunakan tol Ciawi - Sukabumi jadi 15 menit saja. Betul-betul bisa menangkal kemacetan. Saya yakin penduduk Sukabumi yang lain juga merasakan manfaat yang sama," ujarnya.

Menurutnya, pemangkasan waktu tempuh perjalanan yang drastis ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat baik mobilitas dalam sektor industri, logistik, dan pariwisata yang akan berpotensi untuk membuka pintu investasi ke wilayah Jawa Barat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tarif tol Tol Ciawi-Sukabumi waskita toll road
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top