Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Adidas Resmi Jual Reebok ke Authentic Brands Senilai Rp36 Triliun

Kesepakatan itu diharapkan selesai pada kuartal pertama 2022. Setelah kesepakatan ini, saham Adidas naik sebanyak 2,5 persen di bursa Frankfurt setelah pengumuman tersebut. Adidas kemudian ditutup naik 1,6 persen menjadi 312 euro per saham.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 13 Agustus 2021  |  06:38 WIB
Kantor pusat Reebok di Seaport, Boston, AS -  Bloomberg/Adam Glanzman
Kantor pusat Reebok di Seaport, Boston, AS - Bloomberg/Adam Glanzman

Bisnis.com, JAKARTA - Adidas AG setuju untuk menjual bisnisnya Reebok ke Authentic Brands Group Inc. dengan nilai transaksi sebesar 2,1 miliar euro atau US$2,5 miliar (Rp36 triliun).

Transaksi ini akan dibayar tunai pada penutupan, dengan sisanya datang sebagai pertimbangan yang ditangguhkan, ungkap perusahaan dalam sebuah pernyataan resmi, Kamis (12/8/2021). Kesepakatan itu diharapkan selesai pada kuartal pertama 2022.

Chief Executive Officer Authentic Brands Jamie Salter mengatakan dalam pernyataannya bahwa kesepakatan itu adalah 'tonggak penting' dalam pertumbuhan perusahaan.

“Kami berkomitmen untuk menjaga integritas, inovasi, dan nilai-nilai Reebok,” kata Salter, dikutip dari Bloomberg.

Authentic Brands, yang mengajukan penawaran umum perdana di AS pada Juli lalu, telah memperoleh lebih dari 30 nama merek, termasuk aset bangkrut seperti Barneys New York dan Brooks Brothers.

Sementara itu, Reebok telah resmi diblokir sejak awal tahun ini setelah Adidas mencoba untuk menghidupkan kembali kinerja merek selama lebih dari satu dekade.

Saham Adidas naik sebanyak 2,5 persen di bursa Frankfurt setelah pengumuman tersebut. Adidas kemudian ditutup naik 1,6 persen menjadi 312 euro per saham.

Dengan nilai US$2,5 miliar, Reebok menjadi kesepakatan terbesar yang telah dilakukan oleh Authentic Brands sejak awal, kata Salter dalam sebuah wawancara pada hari Kamis (12/8/2021). Itu juga transaksi terbesar dalam karirnya, menurutnya.

“Ini adalah salah satu merek atletik, alas kaki, pakaian jadi terbaik di dunia,” kata Salter. Distribusi global merek ini setara dengan Nike Inc. dan merek Jordan-nya.

Sudah tahun ini, Authentic Brands mengakuisisi merek Eddie Bauer dengan Sparc Group, perusahaan patungan dengan Simon Property Group. Authentic Brands, yang perusahaan portofolionya mencakup Forever 21 dan Sports Illustrated, juga mengakuisisi koleksi merek dari PVH Corp. yang mencakup Izod dan Van Heusen.

Adapun, Adidas menegsakan kesepakatan itu tidak akan mengubah prospek keuangan Adidas untuk tahun ini atau target jangka panjang yang diumumkan sebelumnya. Sebagian besar dana tunai akan dibagikan kepada pemegang saham Adidas.

Reebok telah lama memesona para pemain industri, baik sebagai kisah peringatan maupun untuk potensi menggiurkan untuk merebut kembali beberapa kesuksesan lamanya.

Didorong oleh ledakan aerobik, Reebok pernah menjadi raksasa dalam semalam pada 1980-an dan bahkan melampaui Nike selama beberapa tahun dalam hal penjualan sepatu kets AS. Namun, momentum itu dengan cepat menguap dan Adidas tidak pernah berhasil menghidupkan kembali merek tersebut.

Adidas mengakuisisi Reebok dengan nilai US$3,6 miliar pada 2006. Saat pertama masuk pada 2016 lalu, CEO Kasper Rorsted membuat prioritas memperbaiki kinerja Reebok yang menurun selama bertahun-tahun. Rorsted menutup toko-toko yang tidak menunjukkan kinerja baik dan membuka perjanjian lisensi, dan memangkas pengeluaran.

Setelah Reebok kembali sehat di awal 2019, Rorsted mengatakan dirinya ingin mendorong pertumbuhan penjualan di lini sepatu baru, CrossFit Nano dan FloartRide Run.

Dia membandingkan pengawasan Adidas dan Reebok seperti orang tua yang menyayangi kedua anaknya dengan adil.

Kesempatan mengkapitalisasi Reebok sebagai sepatu dan pakaian olah raga klasik menjadi motivasi terbesar bagi pembeli potensial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

adidas reebok

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top