Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nike, Adidas, dan Reebok Pangkas Order Sepatu dari Indonesia

Aprisindo mengatakan brand sepatu raksasa seperti Nike, Adidas, dan Reebok memangkas pesanannya dari pabrik alas kaki di Indonesia hingga 50 persen. 
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 16 November 2022  |  21:33 WIB
Nike, Adidas, dan Reebok Pangkas Order Sepatu dari Indonesia
Pekerja pabrik menyelesaikan proses produksi sepatu. - Ilustrasi/Bisnis.com/WD
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Eddy Widjanarko mengatakan brand sepatu ternama seperti Nike, Adidas, dan Reebok memangkas pesanannya dari pabrik alas kaki di Indonesia. 

Dalam konferensi pers di kantor Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Jakarta pada Rabu (16/11/2022), ketiga brand internasional itu memangkas pesanannya sebanyak 50 persen dari jumlah biasanya pada saat kondisi normal. 

"Pesanan dari brand seperti Nike, Reebok, dan Adidas, turun 50 persen dari kondisi normal. Dalam pertemuan kami dan mereka, dikatakan selama 30 tahun belum pernah mengalami kesulitan dalam berbisnis, kecuali tahun ini," kata Eddy. 

Eddy menambahkan perusahaan-perusahaan tersebut tidak pernah mengurangi pesanan sepatu dari pabrik di Tanah Air lebih dari 10 persen. 

Namun, pasar ekspor tradisional produk alas kaki dalam negeri seperti Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara di Eropa terpaksa mengurangi permintaan seiring resesi ekonomi akibat situasi geopolitik.

Imbasnya, gelombang PHK terjadi sejak Juli hingga Oktober 2022 sehingga. Para pelaku industri pun memangkas produksi hingga 50 persen.

Berdasarkan laporan dari 37 pabrik sepatu yang memiliki pekerja sebanyak 337.192 orang,jelas Eddy, terdapat 25.700 pekerja yang terkena PHK. Aprisindo memperkirakan penurunan permintaan akan berlangsung hingga paruh pertama tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri sepatu industri sepatu nike adidas reebok alas kaki Industri Alas Kaki phk
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top