Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dihantam Varian Delta, Ekonomi Dunia Kuartal III/2021 Bakal Tumbuh 1,8 Persen

Menurut perkiraan Bloomberg Economics, produk domestik bruto dunia pada kuartal III/2021 berada di jalur untuk ekspansi sebesar 1,8 persen dari tiga bulan sebelumnya (q-to-q).
Pekerja di Amerika Serikat tengah menyortir barang./Bloomberg
Pekerja di Amerika Serikat tengah menyortir barang./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonomi dunia pada kuartal III/2021 diprediksi akan tumbuh 1,8 persen, meskipun risiko varian delta mengadang. Tanda-tanda awal dari kuartal ketiga menunjukkan percepatan pertumbuhan dan inflasi memuncak setelah lonjakan baru-baru ini.

Tanda ini dapat meyakinkan pembuat kebijakan dan investor yang khawatir tentang risiko permintaan yang goyah dan lonjakan harga.

Menurut perkiraan Bloomberg Economics, produk domestik bruto global pada kuartal ketiga berada di jalur untuk ekspansi sebesar 1,8 persen dari tiga bulan sebelumnya (q-to-q). Itu merupakan peningkatan dari laju solid pada kuartal sebelumnya dan bersandar pada kekhawatiran bahwa varian delta akan memperlambat pemulihan dari resesi tahun lalu.

Pada saat yang sama, harga konsumen naik pada kecepatan yang tidak terlalu mengganggu, karena inflasi di Amerika Serikat mencapai puncaknya dan kemudian mereda kembali dari pembacaan musim panas yang meningkat. Itu akan disambut oleh para bankir sentral seperti Gubernur Federal Reserve Jerome Powell yang bertaruh lonjakan inflasi akan terbukti sementara.

"Kami tidak dapat melihat ke masa depan dan varian delta berarti gambarannya dapat berubah dengan cepat. Untuk saat ini, data menandai awal yang positif untuk kuartal ketiga, dengan percepatan pemulihan global, dan inflasi moderat," kata Bjorn Van Roye dan Tom Orlik, ekonom di Bloomberg Economics, Rabu (11/8/2021).

Dari penjualan ritel AS hingga output pabrik China, Bloomberg Economics mengumpulkan ratusan titik data untuk memberikan pembacaan frekuensi tinggi tentang laju pertumbuhan di seluruh ekonomi utama menjelang data PDB resmi. Di bawah angka utama yang kuat untuk pertumbuhan global, negara-negara ini menunjukkan ekonomi pada tahap pemulihan yang sangat berbeda.

China dengan pengendalian virus Covid-19 yang cepat dan AS dengan stimulusnya yang sangat besar telah mendorong output di atas puncak prapandemi, memungkinkan mereka untuk mengklaim kredit untuk mendorong pemulihan global.

Sementara itu, kawasan Eropa dan Inggris justru masih kehilangan kekuatan untuk menebus kerugian selama pandemi. Di Jepang, peluncuran vaksin Covid-19 yang lambat akan berdampak pada pemulihan ekonomi. 

Satu hal yang tidak dapat diperkirakan adalah perubahan masa depan dalam kebijakan dan perilaku saat negara-negara merespons pandemi Covid-19 yang terus berkembang.

Pemulihan zig-zag di India menggambarkan betapa cepatnya hal-hal dapat berubah. China sekarang menghadapi risiko baru ketika pemerintah berjuang untuk menahan wabah delta.

Adapun inflasi, beberapa khawatir rebound dari resesi akan terbukti tahan lama, membatasi ruang lingkup bagi para bankir sentral untuk mempertahankan stimulus dan mengalihkan mereka dari fokus mereka pada penyembuhan pasar tenaga kerja dan ekonomi yang lebih luas.

Namun Bloomberg Economics menyarankan beberapa ruang untuk kepercayaan. Di AS, pembacaan musim panas untuk indeks harga konsumen terdorong melewati 5 persen year-on-year, jauh di luar zona nyaman Federal Reserve atau The Fed. 

Sedangkan kawasan Euro yang jauh tertinggal dalam pemulihan tetapi dengan laju pertumbuhan yang masih meningkat, diperkirakan akan melihat inflasi terkerek, tetapi tidak ke tingkat yang lebih tinggi seperti yang terlihat di AS.

Adapun Di Jepang, kenaikan harga pada kuartal ketiga diperkirakan akan datar di 0,1 persen, sebuah pengingat bahwa setelah gesekan sementara dari pembukaan kembali telah mereda, masalah yang lebih serius bagi para bankir sentral dunia mungkin masih tidak terlalu banyak inflasi tetapi terlalu sedikit.

Fed diperkirakan akan memulai pengurangan pembelian obligasi pada awal 2022, dan dapat memberikan kejelasan lebih lanjut tentang seperti apa bentuknya segera setelah Simposium Jackson Hole, mulai 26 Agustus

Bank Sentral Eropa dapat bergerak ke arah lain. Perubahan baru-baru ini pada komunikasinya menandai toleransi yang lebih besar terhadap inflasi, membuka kemungkinan pembelian aset yang ditingkatkan.

Di China, bank sentral telah bergerak untuk mencegah perlambatan pertumbuhan dengan membebaskan lebih banyak dana bagi bank untuk dipinjamkan. Mungkin saja wabah varian delta bisa memaksanya untuk berbuat lebih banyak.

Adapun di pasar negara berkembang, pemulihan aktivitas yang lebih cepat dari perkiraan, didorong oleh stimulus fiskal yang signifikan, telah mendorong sejumlah bank sentral untuk memulai normalisasi kebijakan. Rusia dan Brasil sudah mulai menaikkan suku bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper