Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Mau Lagi Dengar Kesulitan Berusaha dan Suap, Jokowi: Jika Ada Lapor ke Saya

Setelah sistem OSS berjalan, Presiden Jokowi tidak mau lagi mendengar kesulitan yang dihadapi para pengusaha. Semua harus dilakukan secara terbuka dan transparan. Jangan sampai ada suap dalam proses perizinan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 09 Agustus 2021  |  11:17 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/7/2021). ANTARA FOTO - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo memberikan pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (20/7/2021). ANTARA FOTO - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mendengar banyak masukan dari para pengusaha baik skala mikro hingga besar. Kebutuhan mereka sama, layanan yang mudah, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Jika ini terpenuhi, dia yakin akan memberi dampak yang signifikan terhadap dunia usaha dan ekonomi Indonesia. Itu sebabnya online single submission (OSS) berbasis risiko diluncurkan.

Setelah sistem ini berjalan, Jokowi tidak mau lagi mendengar kesulitan yang dihadapi para pengusaha. Semua harus dilakukan secara terbuka dan transparan. Jangan sampai ada suap dalam proses perizinan.

“Jika ada yang tidak bersih, yang coba-coba [menerima suap], laporkan pada saya,” katanya pada peluncuran OSS, Senin (9/8/2021).

Jokowi menjelaskan bahwa Bank Dunia melaporkan kemudahan berusaha di Indonesia tahun lalu ada di peringkat 73 dari 190 negara. Menurutnya, ini sudah dalam kategori mudah.

Akan tetapi Presiden belum puas. Dia mau ditingkatkan lagi menjadi sangat mudah. Itu targetnya.

Pada 2023, kemudahan investasi Indonesia harus berada di peringkat 40. Skenario terburuknya tidak melebihi angka 50.

“Kuncinya di reformasi perizinan berusaha yang berintergrasi, cepat, dan sederhana. Ini jadi instrumen untuk menarik investasi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi suap izin investasi online single submission
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top