Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Kertas Sumbang 199,2 Ton Oksigen Medis

Oksigen medis dari industri pulp dan kertas merupakan upaya optimalisasi fasilitas oksigen plant yang sebelumnya hanya untuk proses bleaching pulp.
Aktivitas di pabrik kertas PT Indah Kiat and Pulp Paper di Serang, Banten. /Indah Kiat
Aktivitas di pabrik kertas PT Indah Kiat and Pulp Paper di Serang, Banten. /Indah Kiat

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi peran dari industri pulp dan kertas yang mendonasikan oksigen medis untuk memenuhi kebutuhan dalam penanganan pasien Covid-19 di Jawa Barat.

Perusahaan kertas itu di antaranya PT OKI Pulp & Paper Mills, PT Indah Kiat Pulp and Paper, PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry (Sinar Mas Group), serta Tanoto Foundation dan mitra perusahaan April Group, PT Riau Andalan Pulp & Paper (PT RAPP).

Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan total donasi oksigen dari industri pulp dan kertas yang telah diterima Jawa Barat sampai Rabu (28/7) kemarin, sebesar 199,2 ton.

Jumlah tersebut merupakan donasi dari PT RAPP sebesar 113,4 ton dan PT OKI Pulp & Paper Mills (Sinar Mas Group) sebesar 85,8 ton berupa oksigen cair dalam empat iso tank yang sudah mulai didistribusikan ke stasiun pengisian. 

"Kolaborasi dan gotong royong semua pihak, termasuk pemerintah dan korporasi, akan memudahkan upaya penanganan pandemi saat ini. Misalnya, bantuan oksigen medis yang terlaksana berkat kolaborasi dan komunikasi yang apik dengan berbagai pihak,” katanya melalui siaran pers, Kamis (29/7/2021).

Selain di Jawa Barat, provinsi lain yang telah mendapatkan bantuan oksigen medis dari industri pulp dan kertas, meliputi DKI Jakarta, Banten, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Putu menyebut tidak tertutup kemungkinan jumlah provinsi akan terus bertambah. Tentunya pemerintah akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang membutuhkan.

Dia menjelaskan, penyediaan oksigen dari industri pulp dan kertas merupakan upaya pengoptimalan fasilitas oksigen plant yang sebelumnya hanya untuk proses bleaching pulp.

"Dalam masa pandemi ini akhirnya juga digunakan untuk memproduksi oksigen keperluan medis," ujarnya.

Sementara itu, Kemenperin mencatat industri yang tergabung dalam Sinar Mas Group hingga saat ini telah mendonasikan lebih dari 600 ton oksigen. Perusahaan ini berkomitmen untuk mendonasikan sebanyak 1.200 ton per bulan sampai dengan masa pandemi berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper