Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Kertas Sumbang 199,2 Ton Oksigen Medis

Oksigen medis dari industri pulp dan kertas merupakan upaya optimalisasi fasilitas oksigen plant yang sebelumnya hanya untuk proses bleaching pulp.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 29 Juli 2021  |  12:43 WIB
Industri Kertas Sumbang 199,2 Ton Oksigen Medis
Aktivitas di pabrik kertas PT Indah Kiat and Pulp Paper di Serang, Banten. - Indah Kiat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi peran dari industri pulp dan kertas yang mendonasikan oksigen medis untuk memenuhi kebutuhan dalam penanganan pasien Covid-19 di Jawa Barat.

Perusahaan kertas itu di antaranya PT OKI Pulp & Paper Mills, PT Indah Kiat Pulp and Paper, PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry (Sinar Mas Group), serta Tanoto Foundation dan mitra perusahaan April Group, PT Riau Andalan Pulp & Paper (PT RAPP).

Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan total donasi oksigen dari industri pulp dan kertas yang telah diterima Jawa Barat sampai Rabu (28/7) kemarin, sebesar 199,2 ton.

Jumlah tersebut merupakan donasi dari PT RAPP sebesar 113,4 ton dan PT OKI Pulp & Paper Mills (Sinar Mas Group) sebesar 85,8 ton berupa oksigen cair dalam empat iso tank yang sudah mulai didistribusikan ke stasiun pengisian. 

"Kolaborasi dan gotong royong semua pihak, termasuk pemerintah dan korporasi, akan memudahkan upaya penanganan pandemi saat ini. Misalnya, bantuan oksigen medis yang terlaksana berkat kolaborasi dan komunikasi yang apik dengan berbagai pihak,” katanya melalui siaran pers, Kamis (29/7/2021).

Selain di Jawa Barat, provinsi lain yang telah mendapatkan bantuan oksigen medis dari industri pulp dan kertas, meliputi DKI Jakarta, Banten, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Putu menyebut tidak tertutup kemungkinan jumlah provinsi akan terus bertambah. Tentunya pemerintah akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak yang membutuhkan.

Dia menjelaskan, penyediaan oksigen dari industri pulp dan kertas merupakan upaya pengoptimalan fasilitas oksigen plant yang sebelumnya hanya untuk proses bleaching pulp.

"Dalam masa pandemi ini akhirnya juga digunakan untuk memproduksi oksigen keperluan medis," ujarnya.

Sementara itu, Kemenperin mencatat industri yang tergabung dalam Sinar Mas Group hingga saat ini telah mendonasikan lebih dari 600 ton oksigen. Perusahaan ini berkomitmen untuk mendonasikan sebanyak 1.200 ton per bulan sampai dengan masa pandemi berakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian perindustrian industri pulp and paper oksigen
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top