Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gangguan Sistem Ekspor Impor, Bea Cukai Jalankan Proses Back Up

Ditjen Bea Cukai Kemenkeu mengaku sedang melakukan proses back up pada sistem Customs-Excise Information System and Automation atau CEISA yang tengah bermasalah.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 13 Juli 2021  |  15:04 WIB
Gangguan Sistem Ekspor Impor, Bea Cukai Jalankan Proses Back Up
Sejumlah truk membawa muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020). - ANTARA / M Risyal Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang melakukan proses back up terkait dengan sistem ekspor impor yang terkendala selama sepekan ini dan meminta agar pengusaha tidak berpikiran sempit seperti meminta kompensasi.

Dirjen Bea Cukai Kemenkeu Askolani membenarkan adanya gangguan eksternal pada sistem Customs-Excise Information System and Automation (CEISA). Selama sepekan ini, pihaknya bekerja keras untuk bisa menyelesaikan kendala pelayanan IT tersebut. Terlebih dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan banyaknya rekan di lapangan yang ikut terpapar Covid-19 dalam sepekan ini.

Back up proses sudah kami koordinasikan dengan rekan-rekan terdepan dan stakeholder. Mohon doa dan dukungan bisa dapat diselesaikan segera. Dengan kondisi yang kurang nyaman bagi stakeholder dan rekan-rekan juga tetap bekerja keras menyelesaikannya,” ujarnya, Selasa (13/7/2021).

Dia pun meminta para pelaku usaha supaya tidak berpikir sempit seperti meminta kompensasi akibat adanya gangguan ini. Menurutnya di tengah kondisi pandemi Covid-19 banyak rekan di lapangan telah melakukan tugasnya dengan maksimal dalam mengatasi semua masalah tersebut.

Senada, Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Kementerian Keuangan R Syarif Hidayat juga menyampaikan proses perbaikan tersebut sedang dilaksanakan dan segera melakukan update.

Sebelumnya, Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) menuturkan ratusan dokumen importasi tidak bisa terproses akibat adanya gangguan Sistem CEISA DJBC Kemenkeu, sejak Kamis pekan lalu hingga saat ini.

Ketua bidang Logistik dan Perhubungan BPP GINSI Erwin Taufan mengatakan sudah lima hari sistem CEISA tersebut mengalami masalah dan berimbas pada layanan ekspor impor secara nasional, baik yang melalui pelabuhan maupun bandara). Kondisi ini juga menyebabkan biaya logistik nasional melambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bea Cukai logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top