Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Bakal Kembangkan KA Logistik di Sumatra Selatan

Proyek tersebut akan dikembangkan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 06 Juli 2021  |  16:54 WIB
Kemenhub Bakal Kembangkan KA Logistik di Sumatra Selatan
PT KAI Divre III menggenjot usaha angkutan batu bara dengan menggandeng PT Gumay Prima Energi (PGE), anak usaha PT Royaltama Mulya Kencana (RMK). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan mengembangkan kereta api (KA) logistik di Sumatra Selatan tepatnya di jalur Lahat ke Tarahan dan Prabumulih ke Kertapati.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan proyek tersebut akan dikembangkan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

"Kita tahu Sumatra Selatan itu punya produk batubara, sawit dan juga pupuk. Jadi sangat membutuhkan transportasi logistik dan kereta api menjadi solusinya," katanya dikutip dari akun Youtube resmi Kemenhub, Selasa (6/7/2021).

Selain itu Adita menjelaskan, saat ini terdapat 15 proyek perkeretaapian yang masuk dalam proyek strategis nasional Kemenhub. 10 diantaranya adalah proyek kereta api antar kota dan 5 lainnya proyek kereta api dalam kota atau perkotaan.

Dia memerinci, kereta api antar kota antara lain yang ada di Sulawesi yaitu Kereta Api Makassar-Parepare, lalu di Sumatra ada Tebing Tinggi-Kuala Tanjung dan Rantau Prapat, Duri, serta Pekanbaru. Sementara di Pulau Jawa ada Kereta Api Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA).

"Setiap tahun jalur kereta api bertambah terus," sebutnya.

Bukan itu saja, dia mengungkapkan bahwa di Pulau Jawa Kemenhub juga terus mengembangkan double track Selatan Jawa dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Sementara yang masih dalam tahap pematangan adalah rencana Puruk Cahu Batangjung di Kalimantan Tengah lalu kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, Kereta Api Bandung-Buleleng di Bali dan Kereta Logistik Lahat-Tarahan di Sumatra Selatan.

"Jadi itu semua masuk dalam proyek strategis nasional," imbuhnya.

Sementara itu dia menambahkan, untuk proyek dalam kota atau perkotaan mencakup proyek yang sudah selesai yakni LRT di Sumatra Selatan dan proyek yang masih berjalan seperti LRT Jabodebek dan MRT Fase 2.

"Kalau MRT fase 1 sudah banyak yang menikmati apalagi masyarakat Jakarta," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api Kemenhub KA Logistik
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top