Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Perbatasan Indonesia-Timor Leste Kini Nikmati Listrik 24 Jam

PLN  telah mengoperasikan sistem kelistrikan Oepoli di Desa Netemnanu Utara, Kabupaten Kupang yang awalnya 12 jam menjadi 24 jam penuh.
Proyek Listrik Desa/Istimewa
Proyek Listrik Desa/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat di perbatasan Nusa Tenggara Timur dan Timor Leste kini dapat menikmati listrik 24 jam tanpa henti dengan peningkatan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Oepoli di Desa Netemnanu Utara, Kabupaten Kupang.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan, PLN  telah mengoperasikan sistem kelistrikan Oepoli yang awalnya 12 jam menjadi 24 jam penuh.

"Pemerintah terus mendorong PLN untuk dapat memberikan akses listrik yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya warga daerah 3T," ujar Agung dalam keterangan resminya, Minggu (20/6/2021).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (IUW) NTT, Agustinus Jatmiko, menyampaikan hadirnya listrik selama 24 jam ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas masyarakat setempat.

Dia berharap, dengan listrik yang dapat diakses lebih lama, dapat membuat masyarakat Oepoli lebih produktif yang nantinya dapat memberikan dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat.

Jatmiko menambahkan, untuk melistriki daerah perbatasan membutuhkan upaya yang keras. PLN harus menambah kapasitas pembangkit dengan mendatangkan 1 unit mesin 160 kilowatt (kW) dan 1 unit trafo dari Kota Kupang dengan waktu tempuh selama 7 jam perjalanan.

"Kita ketahui, Daerah Oepoli terletak di Kecamatan Amfoang Timur yang terkenal dengan medan yang terjal dan sulit dijangkau karena harus melewati banyak sungai dan anak sungai," jelas Jatmiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper