Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kucurkan Rp8 Miliar, PLN Listriki 6 Desa di Kabupaten Tanggamus

PLN menghadirkan listrik di enam desa di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kini 200 kepala keluarga (KK) di enam desa sudah menikmati listrik untuk mendukung berbagai aktivitas produktif dan meningkatkan perekonomian desa.
Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik./ANTARA-Muhammad Adimaja
Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik./ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - PLN menghadirkan listrik di enam desa di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kini 200 kepala keluarga (KK) di enam desa sudah menikmati listrik untuk mendukung berbagai aktivitas produktif dan meningkatkan perekonomian desa.

Keenam desa yang berhasil dialiri listriknya, yakni Pekon Margomulyo, Kecamatan Semaka; Pekon Umbar, Kecamatan Klumbayan; Pekon Way Rilau, Kecamatan Cukuh Balak; Pekon Teratas, Kecamatan Kota Agung; Pekon Tanjung Agung, Kecamatan Pugung; dan Pekon Sanggi Unggak, Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

"Untuk menghadirkan listrik di enam desa tersebut, PLN mengalokasikan dana lebih dari Rp8 miliar," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung I Gede Agung Sindu Putra, dikutip dari siaran pers, Minggu (20/6/2021).

Dalam melistriki pelosok negeri, PLN menghadapi kendala, salah satunya adalah ketersediaan infrastruktur jalan. Oleh karena itu, PLN tidak dapat bekerja sendiri, butuh kerjasama seluruh stakeholder dalam menyukseskan 100 persen elektrifikasi di Lampung.

"Hari ini adalah bukti komitmen PLN menerangi pelosok negeri, harapannya memiliki manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat terutama pendidikan dan perekonomian masyarakat,” imbuh Gede.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani yang turut hadir dalam prosesi penyalaan listrik di Pekon Margomulyo menyampaikan apresiasinya atas perjuangan PLN dalam melistriki desa-desa yang belum berlistrik di kabupaten yang dipimpinnya.

“Beberapa waktu lalu, kita telah melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Pematangsawa. Hari ini, di Pekon Margomulyo Kecamatan Semaka serta lima pekon lainnya resmi dinyalakan,” kata Dewi.

Ia memastikan Pemerintah Kabupaten Tanggamus siap memberikan dukungan penuh kepada PLN terkait penuntasan rasio elektrifikasi yang akan dijalankan di wilayahnya.

Warga menyambut gembira hadirnya listrik di desa mereka. Sebelum ada listrik, warga desa menggunakan lampu teplok saat beraktivitas di malam hari.

“Kami pakai penerangan hanya malam hari, hanya untuk anak-anak belajar dan mengaji, itupun hanya pakai lampu teplok, susah pokoknya. Dengan adanya listrik PLN ini, membuat anak-anak kami belajar dengan nyaman,” ujar Sarjono, salah satu warga Pekon Margomulyo.

Dalam kesempatan tersebut, PLN melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN, memberikan santunan untuk musholla, mustahik, guru ngaji dan marbot serta pemasangan kWh listrik gratis untuk Balai Desa Margomulyo. PLN juga siap menyambungkan listrik ke 1.000 potensi pelanggan di enam desa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper