Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keselamatan Transportasi: Aptrindo Soroti Isu Klakson Telolet

Klakson telolet banyak menjadi penyebab kebocoran udara pada air tank.
Om Telolet Om. /Bisnis
Om Telolet Om. /Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Klakson telolet sempat viral pada akhir 2016. Namun ternyata fenomena bunyi klakson yang mendunia ini menjadi satu penyebab kerusakan pada kendaraan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan.

DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng & DIY menyuarakan dan mengingatkan kembali anggotanya agar tidak menggunakan klakson telolet yang banyak menjadi penyebab kebocoran udara pada air tank.

Wakil Ketua Bidang Sarana & Prasarana Angkutan DPD Aptrindo Jateng & DIY Yanuar Iswara menjelaskan klakson telolet selanjutnya bisa menyebabkan rem blong. Dia pun meminta anggotanya agar memasang Rear Underrun Protector ( RUP ) guna meminimalisir terjadinya korban jika terjadi kasus kecelakaan tabrak belakang.

Himbauan tersebut menyusul permintaan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono agar mengutamakan memasang terlebih dahulu rear, underrun protector. KNKT meminta aptrindo tak usah berdebat soal ukuran atau desainnya tetapi yang terpenting melakukan hal yang bisa menahan kendaraan yang menabrak dari belakang agar tidak masuk ke kolong truk dan bisa menghidupkan air bag kendaraan setelah terbentur.

"Kami akan senantiasa mengingatkan kepada anggota soal keselamatan dengan melakukan hal-hal konkret agar tidak terjadi kasus konyol yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain pada akhirnya,” katanya, Jumat (18/6/2021).

Diketahui selama ini Aptrindo Jateng & DIY memang paling intens berhubungan dengan KNKT dan selalu mendengar, mendukung dan mengimplementasikan segala rekomendasi dari KNKT soal keselamatan di jalan. Menurutnya, dengan adanya penghargaan yang diberikan oleh KNKT pada akhir 2020 kepada Aptrindo Jateng & DIY sebagai salah satu pelopor keselamatan angkutan jalan membuat pihaknya punya tanggung jawab moril sangat berat untuk senantiasa menomersatukan faktor keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper