Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KAI Reaktivasi Angkutan Logistik KA dengan Terminal Petikemas Surabaya

Integrasi tersebut diharapkan bisa memberikan layanan end-to-end kepada pelanggan baik yang melakukan bongkar muat ataupun pemilik barang. 
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  17:43 WIB
KAI Reaktivasi Angkutan Logistik KA dengan Terminal Petikemas Surabaya
Pekerja melakukan aktifitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (19/5/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI bersama dengan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan PT Terminal Petikemas Surabaya mengaktifkan kembali jalur Kereta Api angkutan logistik ke Terminal Petikemas Surabaya.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan reaktivasi angkutan logistik yang terintegrasi dengan Terminal Petikemas Surabaya ini merupakan titik awal yang sangat penting. 

"Dengan diaktifkannya kembali pengoperasian angkutan logistik kereta api dari dan menuju Terminal Petikemas ini dapat memberikan nilai yang lebih untuk industri logistik dan kepelabuhan nasional sebagai value creator dan membuatnya lebih kompetitif," katanya, Kamis (3/6/2021).

Guna mendorong reaktivasi tersebut, dia mengaku telah melakukan sejumlah persiapan mulai dari material, penggantian jalan rel, pembongkaran material yang menutupi, vesel, hingga bantalan rel-rel baru. 

"[Persiapan] ini terselenggara cepat karena kerja sama yang sangat baik. Reaktivasi ini selaras dengan visi kereta api untuk jadi solusi ekosistem terbaik untuk Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan konektivitas bukan saja masalah fisik, tetapi juga mengintegrasikan sistem antara PT KAI dengan Pelindo III dan Terminal Petikemas Surabaya. Integrasi ini diharapkan bisa memberikan layanan end-to-end kepada pelanggan baik yang melakukan bongkar muat ataupun pemilik barang. 

"Di TPS [Terminal Petikemas Surabaya] ini kita punya dua jalur kereta api dan masing-masing mampu mengakomodir angkutan kereta barang petikemas dengan rangkaian 10 gerbong datar sehingga total kapasitas muat TPS nanti adalah 20 gerbong datar berkapasitas 40 TEUs dan harapan kami nanti kita akan terus beradaptasi dengan perkembangan sehingga bisa kami kembangkan lebih lanjut," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai pelindo iii terminal peti kemas
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top