Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Pelabuhan Terintegrasi Perlu Terapkan SCM

Pembangunan pelabuhan perlu menerapkan supply chain management atau SCM agar terintegrasi dengan program terkait.
Suasana di Pelabuhan Panjang. /Bisnis-Aprianus Doni Tolok
Suasana di Pelabuhan Panjang. /Bisnis-Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, JAKARTA - Supply Chain Indonesia (SCI) menyarankan perencanaan program pembangunan termasuk pelabuhan harus dengan pemahaman dan penerapan supply chain management (SCM).

Pasalnya menurut Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi, suatu program harus terintegrasi dengan program-program terkait lainnya, baik yang sudah, tengah, atau akan berjalan. Integrasi itu membutuhkan kolaborasi dan sinergi antar pihak.

"Presiden sering menemukan pembangunan infrastruktur seperti bendungan atau pelabuhan yang tidak terintegrasi dengan pengembangan wilayah sekitar. Misalnya, ketidaktersediaan fasilitas irigasi di area pertanian sekitar bendungan atau akses jalan menuju pelabuhan," katanya dalam siaran pers, Kamis (3/6/2021).

Dia menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap kualitas perencanaan program. Program harus direncanakan sejak awal untuk memiliki tolok ukur keberhasilan yang jelas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu lanjutnya, beberapa program termasuk pembangunan infrastruktur, berorientasi hanya terhadap keluaran (output), belum terhadap hasil (outcome) dan dampak (impact).

Dia mencontohkan, dalam pembangunan pelabuhan, orientasi dan tolok ukur seharusnya tidak hanya hasil fisik pelabuhan, namun juga terhadap volume bongkar-muatnya, bahkan terhadap pertumbuhan ekonomi wilayahnya.

Dia menilai perlunya pemahaman dan penerapan SCM agar suatu program terintegrasi dengan program-program terkait lainnya.

"Pelabuhan, misalnya, membutuhkan infrastruktur pendukung seperti jalan dan rel, listrik, dan air bersih, sehingga harus melibatkan Kementerian PUPR, Kemenhub, Kementerian ESDM, dan lain-lain. Sejumlah perusahaan BUMN dan swasta juga terlibat," jelasnya.

Agar berdampak dan bermanfaat optimal, sambungnya, pembangunan pelabuhan juga harus melibatkan beberapa kementerian terkait produk atau komoditas, seperti Kemenperin, Kementan, dan KKP. Pemda setempat juga harus dilibatkan agar dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan daya saing produk atau komoditas, serta pertumbuhan ekonomi wilayahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper