Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Chatib Basri: Ketidaksetaraan Distribusi Vaksin Hambat Pemulihan Ekonomi Global

Chatib Basrie menyebutkan kerja sama adalah kunci untuk memecahkan masalah tersebut.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  14:02 WIB
Chatib Basri: Ketidaksetaraan Distribusi Vaksin Hambat Pemulihan Ekonomi Global
Pengamat Ekonomi M. Chatib Basri. - FB Sri Mulyani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ekonom Senior Chatib Basri menilai ketidaksetaraan distribusi vaksin Covid-19 secara global dapat menghambat pemulihan ekonomi dunia. Menurut Chatib, ketidaksetaraan tersebut disebabkan oleh negara-negara kaya yang mengontrol setengah dari total produksi vaksin.

Dalam wawancaranya dengan Age of Economics (23/5/2021), Chatib merujuk pada laporan dari The Economist tentang 50 persen dari total produksi vaksin dunia yang dikontrol oleh negara-negara kaya dengan populasi kurang 15 persen dari total populasi di dunia.

"Dan untuk negara-negara berkembang atau negara emerging market, mengalami kesulitan dalam mendapatkan vaksin. Ketidaksetaraan dalam distribus [vaksin] akan membuat rumit pemulihan secara global," jelas Chatib dalam wawancaranya dengan Age of Economics yang dikutip Bisnis, Senin (24/5/2021).

Lalu, dengan adanya gelombang ketiga penyebaran virus (third wave) di beberapa negara, Chatib menilai wajar apabila banyak negara yang mengutamakan kepentingan mereka masing-masing, sehingga hal tersebut menyebabkan lahirnya nasionalisme vaksin atau vaccine nationalism.

"Situasi ini mengingatkan saya dengan game theory tentang dilema seorang tahanan, bahwa ketika semua pihak mencoba untuk melayani kepentingan diri mereka masing-masing, kita akan berada di situasi yang kurang optimal karena tidak ingin bekerja sama," ujarnya.

Maka itu, Mantan Menteri Keuangan era Presiden SBY tersebut mengatakan kerja sama adalah kunci untuk memecahkan masalah tersebut. Dia mengatakan berpasrah kepada mekanisme pasar semata, hanya akan membuat situasi semakin rumit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi global chatib basri pemulihan ekonomi Vaksin Covid-19
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top