Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Bakal Punya Platform Investasi Khusus Infrastruktur Pertama

Platform investasi akan terus mencari peluang investasi di sektor jalan tol untuk menambah portofolionya dari waktu ke waktu.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 21 Mei 2021  |  16:19 WIB
Foto udara Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (27/8/2020). Bisnis - Rachman
Foto udara Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (27/8/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia akan memiliki platform investasi pertama yang berfokus pada infrastruktur di Indonesia dan kendaraan investasi perdana sejak Indonesia Investment Authority (INA) berdiri.

Rencana ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) INA,Caisse de dépôt et placement du Québec (CDPQ), APG Asset Management (APG), dan seluruhnya anak perusahaan milik Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) .

Melalui MOU ini, INA berencana menjajaki peluang investasi bersama dalam kemitraan dengan CDPQ, APG dan ADIA di aset jalan tol Indonesia. Platform Investasi akan menjadi kendaraan utama anggota konsorsium untuk investasi jalan tol di Indonesia.

Selama enam bulan ke depan, konsorsium telah sepakat untuk mengevaluasi serangkaian peluang investasi jalan tol awal yang akan menjadi basis pengoperasian platform investasi.

Setelah berdiri, platform investasi akan terus mencari peluang investasi di sektor jalan tol untuk menambah portofolionya dari waktu ke waktu.

Bergantung pada ketersediaan aset komersial, platform investasi diharapkan memiliki kapasitas investasi hingga sekitar Rp54 triliun atau US$3,75 miliar.

INA bersama dengan tiga lembaga investasi bereputasi global tersebut bermaksud untuk menghasilkan keuntungan yang optimal kepada investor sekaligus membawa manfaat ekonomi bagi Indonesia dengan menyediakan sumber modal internasional baru untuk lebih meningkatkan ekosistem jalan tol.

Penciptaan Platform Investasi pertama INA dimungkinkan oleh dukungan kuat dari pemerintah Indonesia yang membuka jalan bagi kreasi dan promosi INA kepada investor global terkemuka.

Chief Executive Officer INA Ridha D. M. Wirakusumah mengatakan bahwa kerja sama ini menunjukkan kepercayaan investor global terhadap potensi ekonomi Indonesia bahkan dalam kondisi ekonomi yang penuh tantangan.

“Kami percaya ini adalah awal yang positif untuk lebih banyak kolaborasi antara kami dan investor lain di berbagai sektor di Indonesia,” katanya dikutip dari keterangan pers, Jumat (21/5/2021).

Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Infrastruktur CDPQ Emmanuel Jaclot menjelaskan bahwa bagi perusahaannya, Indonesia sangat menarik diinvestasi, terutama di sektor infrastruktur.

“MoU ini merupakan kesempatan untuk bersama-sama membangun portofolio aset jalan penting di salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan akan memungkinkan kami untuk menggabungkan pengetahuan mendalam INA tentang pasar dan jaringan lokal dengan keahlian infrastruktur internasional CDPQ, APG dan ADIA,” jelasnya.

Kepala Infrastruktur APG Asset Management Asia Hans-Martin Aerts mengatakan bahwa APG sebagai investor berkelanjutan jangka panjang untuk klien dana pensiunnya seperti ABP melihat hubungan kolaboratif jangka panjang sebagai fondasi keberhasilan dalam pelaksanaan strategi investasinya.

“Kami menyambut baik kesempatan untuk bekerja dengan CDPQ dan ADIA dalam inisiatif ini dan untuk memberikan manfaat yang besar bagi platform investasi melalui penerapan praktik terbaik dalam kinerja operasional dan tata kelola perusahaan,” katanya.

Direktur Eksekutif Departemen Real Estate & Infrastruktur ADIA Khadem Alremeithi menerangkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang semakin menarik bagi investor internasional.

Alasannya, Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang dinamis yang didukung oleh tren demografis yang positif.

“Selama beberapa bulan kami telah bekerja sama dengan INA untuk mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang tujuan masing-masing dan kami senang bahwa diskusi tersebut telah menyebabkan keterlibatan ADIA dalam Platform Investasi pertama INA bersama dengan investor jangka panjang terkenal lainnya.” terangnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur investasi jalan tol SWF Indonesia
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top