Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPDPP Jamin Aplikasi SiPetruk Tak Hambat Pembiayaan Rumah FLPP

PPDPP Kementerian PUPR menjamin pelaksanaan aplikasi SuiPetruk tak menghambat pembiayaan perumjahan dengan skema FLPP. Sebaliknya, pemberlakuan aplikasi SiPetruk mulai bulan depan diyakini akan memudahkan kalangan pengembang dan bank penyalur dana FLPP.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 17 Mei 2021  |  14:49 WIB
Ilustrasi perumahan bersubsidi. - Kementerian PUPR
Ilustrasi perumahan bersubsidi. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin penerapan aplikasi SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi) tak menghambat pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Direktur PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan pada awal pengoperasian SiPetruk nanti, seluruh data yang dihimpun oleh para tenaga konstruksi melalui aplikasi itu akan menjadi rujukan dan database bagi PPDPP.

“Kita memperhatikan kondisi dan lahan di tiap daerah berbeda-beda, oleh karena itu Aplikasi SiPetruk ini akan sangat membantu, bukan malah menghambat. Tentunya hal ini memerlukan peran serta dan dukungan bersama dari para asosaisi pengembang perumahan,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Melalui SiPetruk, proses bisnis penyaluran dana bantuan pembiayaan perumahan FLPP semakin mudah baik dari sisi pengembang perumahan maupun bank pelaksana, karena data yang dihimpun SiPetruk terkoneksi secara realtime melalui aplikasi SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang).

“Data perumahan yang telah lolos di apllikasi SiPetruk secara otomatis masuk ke SiKumbang, sehingga bank tidak perlu lagi memeriksa kelayakan bangunannya,” kata Arief.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Perumahan Subsidi dan Perumahan Aparatur Pemerintah DPP Realestat Indonesia (REI) Moerod, mengapresiasi terhadap persiapan pelaksanaan SiPetruk.

"Kami bersyukur PPDPP dan PUPR telah mengakomodasi dengan memfasilitasi pelatihan bagi tenaga ahli manajemen konstruksi secara gratis, sangat ironis jika pengembang tidak memiliki tenaga ahli teknis,” ucapnya.

Untuk diketahui, PPDPP juga terus mematangkan teknis penyelenggaraan pelatihan bagi aplikasi SiPetruk bersama Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR.

Sebelumnya PPDPP telah menyetorkan data para peserta pelatihan kepada Dirjen Bina Konstruksi sebanyak 3.000 lebih peserta yang selanjutnya pelatihan akan dilakukan secara daring sesuai dengan wilayah para peserta.

PPDPP telah memastikan bahwa pelatihan bagi para tenaga ahli manajemen konstruksi terkait aplikasi SiPetruk tidak memungut biaya bagi pesertanya. Penyelenggaraan pelatihan daring tersebut secara teknis ditanggung oleh PPDPP yang difasilitasi oleh Dirjen Bina Konstruksi.

Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan menyiapkan para tenaga ahli manajemen konstruksi untuk menggunakan aplikasi SiPetruk yang diterapkan mulai bulan depan.

Jika pengembang perumahan tidak lolos pada aplikasi SiPetruk, secara otomatis rumah yang dibangunnya tidak dapat masuk ke dalam aplikasi SiKumbang yang terhubung ke SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) untuk dipilih masyarakat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan flpp rumah bersubsidi
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top