Pelindo III : Selama Idul Fitri, Pelabuhan Tetap Beroperasi

Pelabuhan yang dikelola perseroan akan beroperasi penuh selama masa libur lebaran
Foto: dok. Pelindo III
Foto: dok. Pelindo III

Bisnis.com, SURABAYA - Pelayanan kegiatan kepelabuhanan yang baik dan handal menjadi komitmen BUMN PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III. Hal itu diwujudkan dalam komitmen pelayanan terhadap pengguna jasa selama perayaan Idul Fitri tahun 2021.

Pelindo III menyatakan bahwa pelabuhan yang dikelola perseroan akan beroperasi penuh selama masa libur lebaran tanggal 12 Mei 2021 hingga 16 Mei 2021.

Pelindo III : Selama Idul Fitri, Pelabuhan Tetap Beroperasi
Foto: dok. Pelindo III

Vice President Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu mengatakan pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo III akan tetap melayani kebutuhan pengguna jasa selama 24 jam setiap harinya. Pelayanan yang dimaksud mulai dari pelayanan kapal, bongkar muat barang, penumpukan barang, penyediaan air bersih untuk kapal dan layanan pendukung lainnya.

“Kami berkomitmen untuk menjaga kelancaran arus logistik di pelabuhan yang menjadi tanggung jawab kami dengan harapan agar distribusi logistik ke masyarakat tetap berjalan dengan baik dan lancar,” kata Suryo di kantor pusat Pelindo III, Surabaya (11/05).

Pelayanan operasional jasa kepelabuhanan di Pelindo III, lanjutnya, ditopang penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi. Selama periode Idul Fitri tahun 2021 pengguna jasa tetap dapat mengakses seluruh layanan Pelindo III di seluruh pelabuhan melalui portal pelanggan yang tersedia secara daring.

Pengguna jasa juga sekaligus dapat mengakses nota tagihan atas pelayanan jasa yang telah dilakukan oleh Pelindo III.

“Pelayanan tetap berjalan sebagaimana pelayanan harian, tidak ada yang berbeda, karena kami telah mengimplementasikan sistem pelayanan operasional yang berjalan selama 24 jam 7 hari secara non-stop yang kami sebut dengan Port Operations Command Center (POCC),” lanjutnya.

Pelindo III : Selama Idul Fitri, Pelabuhan Tetap Beroperasi

Foto: dok. Pelindo III

Dengan sistem ini proses perencanaan hingga pelayanan kapal, dan pengendalian bongkar muat termonitor dalam satu pintu yang terpusat. Keberadaan POCC membantu kegiatan pelayanan jasa kepelabuhanan menjadi lebih efisien dan efektif baik dari sisi tenaga ataupun waktu.

Sistem ini sekaligus sebagai pusat informasi seluruh kegiatan operasional di pelabuhan karena mengintegrasikan sistem internal seperti TOS (operasional terminal), Vasa (pelayanan kapal), Anjungan (pelayanan tagihan), dengan sistem eksternal, seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan).

“Hal ini sangat menguntungkan pengguna jasa, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran bagi mereka terhadap layanan Pelindo III khususnya pada saat perayaan Idul Fitri tahun 2021,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper