Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuartal I/2021 Membaik, Industri Kimia Dasar Berharap Banyak

Industri kimia dasar memiliki skenario positif pertumbuhan tahun ini dengan catatan pemerintah berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.
Ipak Ayu
Ipak Ayu - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  18:43 WIB
Ilustrasi bahan kimia.  - Bisnis.com
Ilustrasi bahan kimia. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Industri kimia dasar mulai mengharapkan pertumbuhan setidaknya pada level 5–10 persen dari tahun lalu. Adapun tahun lalu industri ini harus mengalami penurunan produksi hingga 30 persen akibat Covid-19.  

Ketua Umum Asosiasi Kimia Dasar Anorganik (Akida) Michael Susanto Pardi mengatakan secara kinerja pada kuartal I/2021 terpantau masih cukup flat jika dibandingkan kuartal IV/2020. Meski demikian sudah ada arah lebih baik sesuai dengan pertumbuhan ekonomi yang kendati masih minus tetapi trennya membaik.

"Jadi tentu kita semua berharap tidak ada kenaikan kasus Covid-19 setelah Lebaran. Jangan sampai seperti India karena roda perekonomian kita akan mundur lagi," katanya kepada Bisnis, Senin (10/5/2021).

Michael pun menaruh harapan besar pada kebijakan larangan mudik dan pengetatan perjalanan agar efektif menekan kasus Covid-19. Seiring dengan hal itu, pihaknya juga masih menunggu kepastian jadwal vaksin gotong royong Covid-19 karena belum adanya kabar hingga hari ini.

Dengan berbagai upaya di atas, maka industri kimia dasar memiliki skenario positif pertumbuhan tahun ini akan berada pada level 5-10 persen dari tahun lalu. Sementara pesimisnya, kinerja tahun ini diproyeksi akan sama saja dengan tahun lalu atau setidaknya tidak ada lagi penurunan.

"Meski banyak juga faktor lain seperti belanja pemerintah dan daya beli masyarakat yang saat ini masih perlu didorong agar ekonomi tumbuh," ujarnya.

Michael pun masih berkeyakinan dengan resesi ekonomi yang masih terjadi pada kuartal I/2021 ini maka industri masih membutuhkan waktu cukup panjang. Dia memperkirakan setidaknya dalam satu hingga dua tahun ke depan untuk dapat pulih kembali seperti sebelum Covid-19. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manufaktur petrokimia industri kimia
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top