Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Impor Daging Sapi Dibayangi Ancaman Depopulasi, Awas Harga Naik!

Ancaman depopulasi membuat pasokan daging sapi segar dari Australia menurun. Negeri Kanguru ini juga mendapatkan peningkatan permintaan dari China dan Vietnam.
Ilustrasi sapi bakalan
Ilustrasi sapi bakalan

Bisnis.com, JAKARTA – Kondisi harga daging sapi impor asal Australia yang terus mengalami kenaikan harga sejak 2020 akan mempengaruhi stabilitas harga daging di dalam negeri.

“Kenapa ini berdampak pada harga, kita tahu Australia tahun sebelumnya mengalami kebakaran dan ini menganggu populasi sapi,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Nurwan Oke, dikutip dari tempo.co, Jumat (7/5/2021).

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, harga daging sapi impor dari Australia mencapai angka tertinggi pada April 2021. Saat itu, harga per kilogram dipatok Aus$6,4. Tetapi, pada Januari 2020, harga sapi impor masih di posisi Aus$2,97.

Ancaman depopulasi membuat pasokan daging sapi segar dari Australia menurun. Australia merupakan negara kedua pemasok daging terbesar di Indonesia setelah Brasil.

Indonesia pun menjadi salah satu pasar penyaluran daging dari Negeri Kanguru tersebut. Saat ini, 100 persen sapi bakalan yang diimpor Indonesia berasal dari Australia.

Indikator depopulasi dapat dilihat dari langkah Australia yang mulau memotong sapi-sapi betinanya. Bila jumlah sapi betina yang disembelih mencapai 47 persen, Oke menyatakan populasi hewan tersebut di negara itu sudah benar-benar tercancam.

Di tengah ancaman menipisnya pasokan karena depopulasi, Australia mendapatkan peningkatan permintaan dari China dan Vietnam. Naiknya permintaan terhadap daging juga datang dari Indonesia menjelang Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

“Kita juga butuh pasokan dari Australia dengan harga terjangkau untuk permintaan dalam negeri,” kata Oke.

Sejak awal tahun hingga 6 Mei, realisasi impor daging sapi dari Australia baru menyentuh 27.206 ton atau 14 persen dari total kuota impor yang direkomendasikan Kementerian Perdagangan. Jumlah kuota impor sapi Australia mencapai 187.478 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper