Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Larangan Mudik, Konsumsi BBM di Tol Jalur Mudik Meningkat

Pada tahun ini, PT Pertamina (Persero) tidak menyiagakan posko-posko mudik mengingat kondisi pandemi Covid-19.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 06 Mei 2021  |  17:03 WIB
Truk logistik melewati jalan tol di Tb Simatupang, Jakarta, Rabu (28/4/2021).   Implementasi standar Euro 4 akan menguntungkan para pemilik kendaraan niaga dan logistik, termasuk Isuzu. Selain kian hemat BBM, kendaraan juga makin mudah perawatannya.  - Bisnis.com
Truk logistik melewati jalan tol di Tb Simatupang, Jakarta, Rabu (28/4/2021). Implementasi standar Euro 4 akan menguntungkan para pemilik kendaraan niaga dan logistik, termasuk Isuzu. Selain kian hemat BBM, kendaraan juga makin mudah perawatannya. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang larang mudik yang mulai berlaku pada 6 Mei 2021, PT Pertamina (Persero) mencatat adanya kenaikan konsumsi bahan bakar minyak di stasiun pengisian bahan bakar umum yang ada di tol jalur mudik.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading (SH C&T) Putut Andriatno mengatakan dalam tiga hari menjelang pelarangan mudik, tren konsumsi BBM mulai meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasa.

"Tren konsumsi BBM di jalur tol 3 hari terakhir mengalami kenaikan tipis 2 persen sampai dengan 3 persen dari rata-rata harian bulan lalu," katanya kepada Bisnis, Kamis (6/5/2021).

Putut menjelaskan stok BBM Pertamina masih berada pada level aman yakni sekitar 25 hari, sedangkan untuk pasokan avtur ada pada level 60 hari.

Dia mengatakan perseroan terus mempersiapkan pasokan, pelayanan, maupun hal yang terkait dengan potensi meningkatnya konsumsi apabila ada lonjakan jumlah kendaraan yang lewat selama libur Ramadan dan Hari Raya Idulfitri.

Menurut dia, stok BBM yang ada di SPBU Pertamina akan terus dimaksimalkan dan dengan program digitalisasi di SPBU, maka stok BBM bisa lebih terpantau. Pada tahun ini, Pertamina tidak menyiagakan posko-posko mudik mengingat kondisi pandemi Covid-19.

Namun, motoris dan mobile storage tetap disiagakan untuk mengantisipasi kemacetan-kemacaran di daerah-daerah tertentu.

Pertamina juga menyiagakan Satuan Tugas Ramadhan dan Idulfitri (Satgas RAFI) untuk di pusat maupun di daerah, untuk memantau situasi, baik distribusi, pelayanan maupun situasi lalu lintas, sehingga dapat bisa mengantisipasi segala kemungkinan dengan cepat.

"Daerah wisata juga jadi perhatian kami perihal stok dan lain-lain," jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mudik Lebaran stok bbm
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top